Minggu, 31 Maret 2013

Sondakh Terima Penghargaan Terbaik LAKIP


(28/3) Bertempat di Ballroom Balai Kartini Jakarta, Walikota Bitung Hanny Sondakh didampingi Kepala BPPT & PMD Kota Bitung Ir. Pingkan Sondakh dan Kabag Organisasi Setda Kota Bitung Ir. Robert Lumempouw mengikuti acara Penyerahan Laporan Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Kabupaten/Kota Tahun 2012. Dalam kesempatan ini Walikota Bitung menerima piagam penghargaan dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI Azwar
Abubakar, dimana Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) Kota Bitung Tahun 2011 kembali mendapatkan kategori CC. "Untuk Laporan Tahun 2010 Kota Bitung juga mendapatkan Kategori CC, namun kali ini jumlah nilai kita meningkat dibanding tahun sebelumnya, Ujar Sondakh". Kota Bitung dan kota Manado adalah peraih nilai tertinggi untuk Kabupaten/ Kota yang ada di kawasan timur Indonesia. 


 
Sondakh mengucapkan terima kasih kepada seluruh SKPD yang telah melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan semaksimal mungkin, serta berharap lebih meningkatkan kinerjanya agar prestasi ini dapat terus dipertahankan bahkan ditingkatkan lagi. Dalam acara ini turut hadir pula Kadis Pasar Kota Bitung, Sekretaris DPRD Kota Bitung dan Kabag Hukum Setda Kota Bitung.

SONDAKH MISA JUMAT AGUNG DI KATEDRAL JAKARTA, LOMBAN PERJAMUAN KUDUS DI GMIM TASIK WANGURER, HUMIANG DI GMIM ZAITUN BITUNG


Hari penghayatan kematian Yesus Kristus di salib atau dikenal dengan jumat agung merupakan momentum yang penting bagi umat Kristiani didunia termasuk di kota Bitung dalam rangka mengenang masa - masa sengsara dan penghayatan kematian Yesus Kristus menyelamatkan umat manusia dari belenggu dosa. Bagi trio pimpemkot Bitung walikota, wakil walikota dan sekretaris daerah kota, jumat Agung merupakan pula momentum yang penting dalam meningkatkan iman dan keyakinan kepada Yesus Kristus sebagai sumber kehidupan.
Wujud ungkapan iman,  dengan berbagai kesibukan sebagai kepala daerah walikota Bitung Hanny Sondakh menyempatkan mengikuti misa jumat agung di gereja Katolik katedral Jakarta, jumat 29/3  pukul 08.00 pagi dengan ditemani beberapa kepala SKPD jajaran pemerintah kota Bitung usai menerima penghargaan dari menteri negara pendayagunaan aparatur negara dan RB Azwar Abubakar. hal yang sama pula dilakukan wakil walikota Bitung Max.J.Lomban didampingi Ny. Khouni Lomban Rawung mengikuti perjamuan kudus jumat agung di gereja GMIM Tasik Wangurer, jam 10.00 pagi, ibadah dipimpin oleh ketua badan pekerja majelis wilayah Bitung delapan Pdt. Einde Mangolo, STh. tampak Lomban juga ditemani oleh anak - anak Nick, Titin, Glend dan Brenda mereka membaur bersama jemaat dalam penghayatan kematian Kristus dengan memakan roti dan minum anggur sebagai pertanda kebersamaan menderita bersama Yesus. sedangkan sekretaris daerah kota Edison Humiang didampingi Ny. Telly Humiang Muhaling bersama anak - anak mengikuti perjamuan kudus jumat agung di gereja GMIM Zaitun Madidir.

KEMENTERIAN KOMINFO SOSIALISASI UU NO 14 TAHUN 2008

 


Sekretaris daerah kota Bitung Drs. Edison Humiang,MSi mewakili walikota Bitung membuka acara sosialisasi dan advokasi percepatan implementasi undang - undang nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik ( KIP ) bagi elemen masyarakat dan badan publik, kamis 28/3 di wisma pelaut internasional Bitung. acara yang diselenggarakan oleh kementerian komunikasi dan informasi ini menghadirkan berbagai lembaga negeri dan swasta, menurut dirjen informasi dan komunikasi publik kementerian komunikasi dan informasi melalui direktur komunikasi publik Drs. Tulus Subardjono bahwa diera keterbukaan publik dan pesatnya kemajuan teknologi informasi saat ini, membutuhkan sebuah tata kelola dan peraturan yang dapat mengatur informasi yang baik dan benar yang dilakukan oleh berbagai pihak, termasuk lembaga pemerintahan agar tidak terjadi kesalahpahaman dan kekeliruan sebab masyarakat membutuhkan adanya transparansi dan informasi begitupun juga pemerintah mempunyai kewajiban dalam keterbukaan penyelenggaraan pemerintahan sehingga momnentum ini kiranya mampu menjembatani kebutuhan semua pihak," ujarnya. Sekretaris daerah kota Drs. Edison Humiang, MSi saat membuka acara tersebut secara resmi,  mengatakan bahwa memandang pelaksanaan UU keterbukaan informasi publik ( KIP )  sangat penting dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, untuk mewujutkan tata kelola pemerintahan yang baik , ciri - ciri yang sangat menonjol dari tata kelola yang baik pada masyarakat modern yakni dibutuhkan akuntabilitas, tranparansi, efisiensi dan efektivitas. maka untuk mewujudkan hal tersebut diperlukan keterbukaan informasi publik, dan pemkot Bitung mempunyai komitmen untuk menjalankan dan memenuhi ketentuan ketentuan yang tertuang dalam UU KIP dengan sebaik mungkin, sehingga dapat menjamin masyarakat mendapatkan informasi sesuai dengan haknya. menutup sambutannya Humiang berharap semoga sosialisasi ini dapat menghasilkan suatu kesepahaman  terkait dengan implementasi Undang Undang nomor 14 tahun 2008 ini. 

 
Sebelumnya rombongan kementerian komunikasi dan informatika yg terdiri dari direktur komunikasi publik Drs. Tulus Subardjono, tenaga ahli ditjen KIP Dr. Subagio, kasubid layanan komunikasi publik Sukosono dan kabid pelayanan informasi Soekartono diterima oleh wakil walikota M.J.Lomban. SE.MSi di ruang kerjanya saat berkunjung di kota Bitung sebelum kegiatan sosialisi berlangsung didampingi kadis infokom Bitung Drs. H. Sikamang, MAP.

DWP Kota Bitung Gelar Pertemuan Rutin


Dharma Wanita persatuan kota Bitung gelar pertemuan rutin tingkat kota bertempat BPU pemkot Bitung, 28/3.
Hadir pada kesempatan ini Ketua DWP Kota Bitung Ny. Telly Humiang Muhaling,SPd yang pada kesempatan ini diwakili Wakil ketua DWP Kota Bitung Ny. Jein Tangkudung-Woran didampingi Sekretaris DWP Ny. Stella Wowiling Mangkey dan Ny. Greace Lontoh-Dengah,
Hadir juga seluruh pengurus dan anggota DWP Kota bitung, dan SKPD pemkot Bitung dan jadwal  Penyelengara Pelaksanaan ini dibantu oleh DWP PDAM Bitung, BP4K, Dinas Koperasi, Bagian Humas, dan kecamatan Madidir.
Pertemuan rutin ini bertujuan untuk mengevaluasi kegiatan dalam rangka meningkatkan Eksistensi organisasi dengan mewujudkan kesejahteraan anggota bersama pemerintah dalam mewujudnyatakan program pembangunan. Pada kesempatan ini hadir pula Wakil ketua TP-PKK kota Bitung yang juga selaku Penasehat DWP Ny. Dra. Khouni Lomban Rawung,MSi memberikan motivasi kepada pengurus dan anggota DWP dan berharap untuk selalu kreatif dalam berkereasi untuk turut mengambil bagian dalam pembangunan dan program kemasyarakatan.
Kegiatan ini diisi dengan demo tata rias kecantikan bagi ibu-ibu DWP yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan agar selalu kelihatan cantik dan menarik tapi tetapekonomis.Hal ini merupakan pembinaan bagi ibu-ibu DWP dalam upaya membantu dan menopang karir suami, mendidik anak dan menjaga keharmonisan keluarga, sebab “keberhasilan suami ditentukan oleh isteri.” Ungkap Assisten III Pemkot Bitung Drs. Malton Andalangi sekaligus membuka kegiatan ini.

Rabu, 27 Maret 2013

Lomban Buka Peluncuran Buku karya Axel Galatang dirangkaikan dengan HUT ke-50



Wakil walikota Bitung M.J.Lomban.SE.MSi didampingi Wakil Ketua TP-PKK Kota Bitung, mengahadiri perayaan HUT ke-50 Presiden sanggar Tangkasi Leonardo Axel Joni Galatang sekaligus membuka Launching Buku yang berjudul Antalogi Drama Dendang Bocah Gelombang dan dilanjutkan dengan Diskusi peluncuran buku, bertempat Gedung kesenian kota Bitung Rabu 27/3
Acara ini dihadiri Pemerintah Provinsi Sulut Kepala Badan Diklat Dr. Drh. Fredrik Rotinsulu, Kapolres Bitung AKBP Harvin Raslin, ketua KPU Kota Bitung, para pejabat Pemkot Bitung, mahasiswa dan Pelajar Kota Bitung.
Dalam sambutan Walikota bitung yang dibacakan Wakil Walikota Bitung memberikan apresiasai atas segala hal yang telah dibaktikan selama ini dalam bidang kesenian dan sebagai insan pemerhati pembinaan generasi muda serta tokoh yang sangat dikagumi dan menjadi panutan oleh banyak kalangan dalam dedikasi dan totalitas untuk mempersembahkan karya terbaik  sebagai mitra Pemkot dalam menopang kemajuan kota bitung. 
Lomban Juga menyampaikan selamat HUT Ke-50 kepada  Axel Joni Galatang serta selamat atas peluncuran Buku berjudul “Antologi drama Dendang Bocah Gelombang” semoga ini lebih memotivasi dalam segala upaya dalam mepersembahkan yang terbaik dalam kemajuan bidang seni, dan teruslah berkarya yang nantinya dapat membangun dan bermanfaat bagi banyak orang.
Acara dintadai dengan pemasangan lilin Kue HUT dan penyerahan Launching buku oleh Presiden Sanggar Tangkasi Axel Leonardo Galatang kepada Wakil Walikota Bitung M.J. Lomban dan Ny. Khouny Lomban-Rawung serta Kapolres Bitung.

Humiang Serahkan LKPD Bitung ke BPK


 Sekretaris Daerah Kota Bitung Drs. Edison Humiang MSi, Rabu 27 Maret 2013 menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kota Bitung tahun angaran 2013 di kantor BPK. LKPD yang terdiri dari laporan realisasi anggaran (LRA), laporan arus kas (LAK), neraca aset dan kewajiban serta beberapa catatan atas laporan keuangan diterima oleh Kepala Sekretariat BPK Drs. Suwarno mewakili Kepala BPK Perwakilan Sulut Beni Ruslandi di ruang kerjanya. "Mewakili Walikota Hanny Sondakh, LKPD ini saya serahkan untuk ditindaklanjuti oleh BPK",kata Humiang. Suwarno pun mengapresiasi upaya Pemerintah Kota Bitung yang telah menyusun dan menyampaikan LKPD ini. Humiang didampingi Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Barang Milik Daerah Frangky Sondakh, SE, MSi, Kabag Humas Erwin Kontu, SH dan semua pejabat eselon 3 di Badan Pengelola Keuangan dan Barang Milik Daerah.

Selasa, 26 Maret 2013

WAWALI RESMIKAN RKB SMP NEGERI 1 BITUNG



Wakil waliota Bitung M.J.Lomban. SE.MSi didampngi wakil ketua TP.PKK Dra. Ny. Khouni Lomban Rawung, MSi meresmikan ruang kelas baru dan lapangan bulu tangkis SMP negeri 1 Bitung, selasa 26/3. acara diawali dengan ibadah yang dipimpin oleh Pdt. Frangki Kalalo, MTh. kemudian pengguntingan pita dan penandatangan prasasti.  menurut kepala SMP Negeri 1 Bitung Drs. Yacobus Pongsibidang,MSi dalam laporannya mengatakan bahwa pembangunan 4 RKB dan lapangan bulutangkis merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan melalui penyiapan sarana belajar yang memadai, melalui bantuan pemerintah dan sharing orang tua siswa sehingga pembangunan ini dapat terwujud," ujar Pongsibidang.


Sementara itu wakil walikota Bitung M.J.Lomban. SE.MSi dalam sambutannya berharap agar dengan ketambahan ruang kelas baru dan fasilitas olahraga akan memberikan motivasi bagi seluruh siswa dan guru untuk terus berkomitmen memajukan dunia pendidikan, mengasilkan siswa yang berkualitas dan mampu menjadi karakter pelajar yang patut diteladani, semoga pendidikan akan tetap menjadi prioritas kita semua sebab pendidikan merupakan investasi yang tak ternilai untuk masa depan bangsa dan negara," ujarnya.
Turut hadir dalam acara ini asisten II bidang pembangunan Dra. Dahlia Kaeng, MS, Asisten III Bidang administrasi umum Drs. Malton Andalangi, kabag ekonomi Jemmy Lesar, S.Sos, kabag SDA Handry Tairajoh, SE dan camat Girian Steven Suluh, SSTP





Humiang Hadiri Rapat Koordinasi Nasional Penelitian dan Pengembangan Pemerintahan Dalam Negeri Tahun 2013


(26/3) Bertempat di Mercure Convention Centre Ancol, Jakarta Utara Sekretaris Kota Bitung Drs. Edison Humiang, M.Si didampingi Kabid Penelitian, Pengembangan dan Statistik BAPPEDA Kota Bitung Ronny A. Pangkola, S.Sos mengikuti Rapat Koordinasi Nasional Penelitian dan Pengembangan Pemerintahan Dalam Negeri  Tahun 2013 yang dikuti oleh seluruh Sekretaris  Daerah Propinsi, Kabupaten/ Kota se Indonesia. Rakornas ini dibuka secara resmi oleh Menteri Dalam Negeri RI Gamawan Fauzi yang dilanjutkan dengan pemaparan materi antara lain oleh MENDAGRI, BPPT, LAN, LIPI, serta perwakilan MENKUMHAM  dan MENRISTEK. Rakornas ini mengambil tema : "Memantapkan Kapasitas Kelitbangan dalam Perumusan Kebijakan, Regulasi dan Inovasi Daerah" serta bertujuan untuk merumuskan langkah-langkah strategis, pemantapan kebijakan guna memperkuat program Kelitbangan dalam rangka mendukung terselenggaranya pemerintahan dalam negeri yang baik. Output yang ingin dicapai adalah terumuskannya langkah-langkah strategis pemantapan kebijakan dalam penguatan program Kelitbangan yang lebih terarah, terpadu dan inovatif guna mendukung penyelenggaraan pemerintahan dalam negeri. Acara ini diselenggarakan pada tanggal 25 - 26 Maret 2013. Humiang mengharapkan agar BAPPEDA Kota Bitung melalui Bidang Penelitian, Pengembangan dan Statistik agar lebih memaksimalkan implementasi langkah-langkah strategis di bidang Kelitbangan guna mendukung terselenggaranya pemerintahan yang baik di Kota Bitung.

Senin, 25 Maret 2013

KEPSEK SMA KRISTEN BITUNG DISERAH TERIMAKAN



Dari Drs. Nelson Sarinda kepada Yetty Meike Makal, STh.MPd

Kepala sekolah SMA Kristen Bitung dari Drs. Nelson Sarinda kepada Yetty Meike Makal, STh.MPd hari ini senin, 25/3. diserah terimakan. acara yang berlangsung di ruang pertemuan SMA Kristen Bitung diawali dengan ibadah dipimpin oleh Pdt. Jefrry Saisab, STh. acara serahterima sendiri dipimpin oleh sekretaris Yayasan GMIM AZR Wenas J. Sualang, SH.MH disaksikan oleh sekretaris dinas dikpora Dra. Stela Mangkey, MSi, kepala seksi dikmen Yacoba Sawal, STh, pengurus yayasan, korwas dan para kepala sekolah, guru dan siswa SMA Kristen Bitung. selanjutnya penandatangan berita acara serah terima jabatan dan pemberian ucapan selamat.
Kepada SMA Kristen Bitung yang baru Yetty Meike Makal, STh.MPd, dalam sambutannya mengatakan bahwa jabatan merupakan kepercayaan dan anugerah Tuhan sehingga melalui kepercayaan ini akan dilaksanakan dengan sebaik - baiknya untuk kemajuan pendidikan, selanjutnya Makal pun meminta bantuan serta dukungan para guru dan siswa untuk bekerja bersama - sama dalam rangka mewujudkan tujuan pendidikan dan harapan masyarakat," saya berharap dukungan dari semua pihak termasuk guru dan siswa disini sebab harapan bisa kita capai jikalau kita bekerja sama," ujarnya sambil menyampaikan terima kasih kepada pemerintah kota Bitung dan yayasan GMIM AZR Wenas yang telah mempercayai menjadi kepala sekolah.

PEMKOT SOSIALISASI UU NO 52 TAHUN 2009


Pemerintah kota Bitung melalui badan kependudukan dan keluarga berencana daerah melaksanakan sosialisasi undang - undang nomor 52 tahun 2011 tentang perkembangan kependudukan dan perkembangan keluarga yang dilaksanakan di ruang rapat lantai empat kantor walikota, senin 25/3. kepala badan kependudukan dan keluarga berencana daerah dr. Frangky Soriton, M.Kes dalam laporannya mengatakan bahwa tujuan dari sosialisasi ini agar memahami kebijakan strategi dan program kependudukan dan keluarga berencana serta pembangunan berwawasan kependudukan. acara yang dihadiri oleh kepala perwakilan BKKBN provinsi Sulawesi utara Drs. Temazaro Zega, M.Kes dibuka oleh wakil walikota Bitung M.J.Lomban. SE.MSi. dalam sambutannya Lomban berharap agar melalui sosialisasi ini semua pihak dapat mengetahui tentang kebijakan pemerintah termasuk dengan strategi pembangunan berwawasan kependudukan sebab masalah kependudukan merupakan masalah yang sangat klasik dan hal ini membutuhkan kesadaran dan perhatian kita sekalian sebab pada dasarnya pengendalian penduduk sangat diperlukan untuk pembangunan kedepan agar kelak tidak menimbulkan masalah yang justru merugikan masyarakat itu sendiri," ujarnya.
Acara ini pula dihadiri para kepala SKPD di lingkungan pemerintah kota Bitung serta perutusan.

LOMBAN BUKA BIMTEK IMPLEMENTASI PERMEN 46 TAHUN 2011


Wakil walikota Bitung M.J.Lomban, SE.MSi membuka acara bimbingan teknis implementasi peraturan pemerintah nomor 46 tahun 2011 tentang penilaian prestasi kerja pegawai negeri sipil dan peraturan kepala BKN nomor 01 tahun 2013 tentang petunjuk pelaksanaan serta sistem dan prosedur pelayanan badan kepegawaian daerah, pendidikan dan pelatihan, yang dilaksanakan oleh badan kepegawaian daerah dan diklat kota Bitung bertempat di BPU kantror walikota, senin 25/3. ketua panitia Drs. Malton Andalangi dalam laporannya mengatakan bahwa seiring dengan reformasi birokrasi secara nasional maka diikuti dengan berbagai perubahan baik dalam sistem maupun rekrutmen pegawai negeri sipil sebab perkembangan kebutuhan pelayanan administrasi birokrasi harus dapat menyesusiakan dengan tuntutan dan harapan masyarakat yang semakin meningkat dan terus mengalami perubahan sehingga PNS pun dituntut untuk mampu melaksanakan peran sebagai pelayan masyarakat yang optimal demi terwujudnya penyelenggaraan pemerintah yang benar - benar sesuai keinginan masyarakat.
Acara yang akan berlangsung selama tiga hari ini diikuti oleh ratusan pegawai negeri sipil di lingkungan pemerintah kota Bitung.
Wakil walikota Bitung M.J.Lomban. SE.MSi didampingi kepala badan kepegawaian dan diklat daerah Ferdinand Tangkudung, SIP.MSi dalam sambutanya mengatakan bahwa saat ini pemerintah terus berupaya untuk mereformasi manajemen birokrasi baik secara organisasi maupun personal agar dapat memenuhi harapan, dengan dilaksanakan kegiatan ini diharapkan para peserta memiliki pengetahuan dan pemahaman yang sama tentang ruang lingkup kepegawaian berdasarkan peraturan perundang - undangan yang berlaku. yang perlu dipahami adalah bahwa sistem manajemen kepegawaian yang baik akan berdampak pada tingkat kesejahteraan dan kualitas kinerja pegawai," ujarnya.

Minggu, 24 Maret 2013

KETUA TP.PKK BANTU SERAGAM SEKOLAH ANAK - ANAK PAUD ANUGERAH



Ketua TP.PKK kota Bitung Ny. Josephien Sondakh Taroreh, jumat 22/3 mengunjungi PAUD Anugerah yang merupakan pendidikan anak usia dini binaan TP.PKK kota Bitung yang terletak di gedung PKK jalan walanda Maramis kelurahan Madidir weru. Taroreh yang didampingi sekretaris TP. PKK kota Bitung Ny. Estefin Wawoh dan kepala badan pemberdayaan masyarakat Ritha Tumewu serta segenap pengurus TP.PKK memberikan bantuan seragam bagi anak - anak PAUD Anugerah, penyerahan bantuan ini diterima langsung oleh para anak - anak PAUD Anugerah, dengan begitu bijaksana Taroreh pun membantu anak - anak menggenakan baju yang baru diserahkan.



Menurut Taroreh bahwa bantuan ini merupakan kepedulian bagi anak - anak PAUD sebab pada dasarnya untuk membantu pendidikan anak - anak harus dilakukan dengan kepedulian nyata kita semua sehingga kelak mereka dapat menjadi  anak - anak yang berguna, semoga bantuan ini dapat digunakan dengan baik dan bermanfaat, " harapnya.

SONDAKH : PEMKOT AKAN BANTU MODAL USAHA PEDAGANG PASAR PINASUNGKULAN



Pemerintah kota Bitung akan membantu modal usaha pedagang yang berjaulan di pasar Pinasungkulan, hal ini dikatakan walikota Bitung Hanny Sondakh saat mengunjungi pasar Pinasungkulan Sagerat, minggu 24/3. ia mengatakan bahwa pemerintah kota Bitung akan membantu modal usaha para pedagang pasar Pinasungkulan melalui dana bergulir," kami akan menyiapkan dana bergulir untuk penguatan dan pengembangan usaha dengan membantu modal usaha para pedagang ini diharapkan akan para pedagang dapat mengembangkan usaha lebih besar lagi, selain itu kami juga akan menggandeng perbankkan untuk membantu pemberian bantuan kredit usaha khusus pedagang pasar Pinasungkulan," ujar Sondakh.


Selain memantau situasi pasar Sondakh pun mampir dan kemudian berbaur dengan para pedagang sambil minum kopi, Sondakh berbincang - bincang dengan para pedagang mendengarkan berbagai masukan serta keinginan pedagang.

Assisten I Olahraga Bersama Forkopimda dalam Ranga HUT ke-12 Batalyon Marhanlan VIII


Assisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Pemkot Bitung Fabian Kaloh SIP. MSi Mewakili Walikota Bitung menghadiri kegiatan olah raga Bersama Komandan Lantamal VIII Laksamana Pertama TNI Guguk Handayani dan komandan Yonmarhanlan VIII Bitung  Mayor mariner Yudi Asmar serta Petinggi Forkopimda kota bitung dalam rangka memperingati HUT ke-12 batalyon Yonmarhanlan VIII Bitung bertempat lapangan olah-raga Yonmarhanlan Kota Bitung. jumat 22/3.

Acara diawali dengan pemanasan sebelum melakukan Jalan sehat dan dilanjutkan dengan senam Aerobic, dan kemudian acara diisi dengan pemotongan tumpeng oleh Komandan lantamal VIII didampingi Ibu dan penyerahan hadiah dari beberdapa hasil kegiatan seperti lomba Masak oleh Kompi, olahraga Futsal serta bongkar pasang senjata laras panjang dan Pistol.
Selain mebina kesehatan dengan berolahraga, Kegiatan ini merupakan bentuk kebersamaan antara TNI dan polri, dalam membina dan meningkatkan tugas-tugas pengabdian dalam mempertahankan dan menjaga bangsa dan Negara, sebab TNI dan Polri merupakan inti Kekuatan RI. ungkap komandan lantamal VIII.

Humiang terima Kunjungan Wakil Bupati Wakatobi

 

Sekretaris Kota Bitung Edison Humiang, MSi. Didampingi Kabag Humas, TUP, Perekonomian, terima kunjungan Wakil Bupati Wakatobi Provinsi Sulawesi Tenggara  H. Arhawi Ruda, SE. bertempat Ruang Rapat Wakil Walikota Bitung. 22/3
Maksud dan tujuan Wakil Bupati Waktobi di Kota Bitung ingin mencari informasi dan meninjau lebih jauh mengenai potensi pariwisata, perindustrian, kelautan. Beliau juga kagum atas perkembangan dan  pengangharagan yang diraih Kota Bitung, “Saya ingin belajar banyak di kota Bitung” khususnya Bidang perikanan. untuk itu Arhawi berjanji akan menjadwalkan kembali kunjungan ke Kota Bitung Untuk mengadakan Orientasi Lapangan dan mengajak rombongan SKPD untuk belajar di kota bitung.

Pada pertemuan ini Humiang berterima kasih atas kunjungan Wakil Bupati dan sedikit menjelaskan secara singkat keadaan umum kota Bitung yang  pada saat ini  dalam tahap pengembangan kawasan Ekonomi Khusus dan nantinya berproses menuju minapolitan.

Pasar Pinasungkulan Mulai Ramai Dikunjungi Pembeli

 
Pasar Pinasungkulan Kelurahan Sagerat Weru II Kecamatan Matuari mulai dipadati penjual dan pembeli, aktivitas jual-belipun mulai ramai terlihat. Hal ini dirasakan langsung Ketua TP-PKK Ny. Josephine Sondakh Taroreh saat berbelanja bahan-bahan pokok seperti ikan, buah, sayuran, cabe, tomat dan lainnya di Pasar Pinasungkulan hari Jumat pagi (22/3). Ny. Josephine Sondakh Taroreh yang datang dengan mengendarai kendaraan jenis Pickup L-300 ini terlihat enjoy saat berbaur diantara para pembeli serta tak segan melakukan aktivitas tawar-menawar harga dengan para penjual seperti yang biasa dilakukan pembeli biasanya. "Situasi mulai ramai pembeli maupun penjual dibandingkan ketika saya belanja disini beberapa waktu lalu, ujar Taroreh". 

Dengan kondisi pasar yang bersih, tertata dengan baik Ny. Josephine Sondakh Taroreh kembali mengajak masyarakat Kota Bitung untuk bersama-sama berbelanja di Pasar Pinasungkulan.

Kamis, 21 Maret 2013

Assisten I Hadiri Pisah sambut Kelurahan manembo-nembo Atas




Kelurahan Manembo-nembo Atas gelar Acara pisah sambut Lurah dari pejabat lama Steven Prok, SH kepada Djony Romy Kaloh, S.Pd selaku Lurah yang baru,  bertempat Kantor lurah manembo-nembo Atas kecamatan Matuari. Kamis 21/3

Pada kesempatan ini Assisten I Bidang pemerintahan dan kesejahteraan Rakyat  Fabian Kaloh, SIP, MSi menyaksikan penandatanganan serah terima jabatan dan penyerahan administrasi barang dan keuangan serta pemberian cenderamata yang disaksikan langsung oleh kabag humas dan kabag Kesra pemkot bitung, Camat Matuari, para Lurah  serta pegawai kecamatan dan kelurahan serta undangan yang hadir Dalam sambutan Walikota Bitung yang dibacakan  Assisten 1 Fabian kaloh, SIP MSi mengucapkan selamat bertugas dan berkarya kepada lurah yang baru Djony Romy Kaloh, S.Pd yang menggantikan Steven Prok, SH. Yang saat ini memegang jabatan sebagai kepala Sub Bidang pada Badan Kesatuan Bangsa dan Politik. Pemkot Bitung.

Kaloh juga Mengatakan Sertijab ini merupakan suatu kepercayaan yang diembankan untuk dijalankan dengan penuh ketulusan, totalitas yang dijalani dengan kesungguhan.
sebab panggilan tugas harus dilaksanakan dengan penuh tanggungjawab, guna menjalankan setiap program pemkot untuk memperioritaskan kebutuhan dalam pelayanan kepada masyarakat, serta memantapkan kinerja dengan melakukan pembenahan dalam rangka meningkatkan sarana dan Prasarana infrastruktur dalam perkembangan pembangunan di kota bitung.

SONDAKH AJAK MASYARAKAT TETAP MENJAGA KEBERSIHAN LINGKUNGAN DAN PANTAI





Walikota Bitung Hanny Sondakh disela - sela penilaian adipura kedua atau P2 mengajak masyarakat untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan baik disekitar rumah masing - masing maupuin dijalan - jalan utama, pasar, terminal, dan pantai. menurut Sondakh bahwa menjaga kebersihan merupakan hal yang sangat penting bagi masyarakat untuk menciptakan lingkungan yang sehat sebab jika lingkungan bersih dan sehat maka kita akan terhindar dari berbagai penyakit," lebih baik kita mencegah daripada mengobati," ujarnya. " apa yang kita lakukan selama ini dengan budaya hidup sehat mari jaga lingkungan hendaklah terus kita pertahankan sebab yang paling utama bagaimana membiasakan diri hidup bersih sebab jika lingkungan kita bersih maka kesehatan kita terjaga dan kita pasti mendapatkan apresiasi termasuk Adipura," harapnya. Sondakh menambahkan pula bahwa saat ini pemkot Bitung terus berupaya untuk mengurangi pembuangan sampah sembarangan yang bermuara kelaut melalui sosialisasi baik di tempat umum maupun di sekolah untuk menjaga kebersihan laut selat lembeh," saat ini laut selat lembeh menjadi prioritas pemkot mengurangi sampah sehingga kami berharap bantuan seluruh masyarakat terutama di wilayah seputaran selat lembeh untuk membantu pemerintah bersama - sama membersihkan sampah," pintanya.

RUMAH PINTAR GALAKKAN PAUD MENANAM



Program Bitung menanam yang dilaksanakan untuk mendukung gerakan 1 milyar pohon ternyata bukan hanya bagi orang dewasa saja tetapi sampai ke anak - anak usia dini atau PAUD, hal ini sebagaimana yang dilakukan oleh anak - anak PAUD rumah Pintar binaan ketua TP.PKK Ny. Josephien Sondakh Taroreh yang berada di kompleks Sari Cakalang. kegiatan yang bekerjasama dengan dinas pertanian dan kehutanan dan dinas Dikpora kota Bitung ini dihadiri langsung oleh ketua TP.PKK Ny. Josephien Sondakh Taroreh sekaligus ikut menanam dan mencanangkan PAUD menanam didampingi kadis Dikpora Drs. Herman Rompis, MSi, kadis Pertanian dan Kehutanan Ir. Lisje Macawalang, Ny. Restutita Rompis Ramoh, SPd. kabid Dikdas Eugenie Mantiri, SPd.MAP dan sekretaris dinas Pertanian dan Kehutanan Rooroh Rompis, SP.
Menurut ketua TP.PKK kota Bitung Ny. Josephien Sondakh Taroreh bahwa untuk menggalakan cinta lingkungan melaui penanaman pohon harus dilakukan sejak usia dini agar mereka terlatih sehingga terbiasa sampai dewasa sebab sangat tepat apabila mengajarkan hal yang positif dimulai dari usia dini sehingga telah tertanaman dalam kepribadian  mereka tentang kelestarian dan cinta akan lingkungan," ujarnya.," semoga dengan kegiatan ini akan memotivasi seluruh masyarakat kota Bitung sebab kalau anak - anak peduli dengan lingkungan bagaimana dengan orang dewasa," tegasnya.

Terlihat puluhan anak - anak PAUD melakukan penanaman baik dihalaman rumah pintar maupun di sekitar lokasi belajar diikuti pula para orang tua.

Selasa, 19 Maret 2013

PENGURUS PMI CABANG BITUNG DILANTIK



 

 Sondakh " PMI melaksanakan tugas yang sangat mulia

Pengurus PMI cabang kota Bitung usai melaksanakan musyawarah cabang beberapa waktu lalu, akhirnya dilantik kepengurusannya oleh ketua PMI daerah Sulawesi utara James Karinda, SH.MH. bertempat di lantai empat kantor walikota, selasa, 19/3. acara diawali dengan upacara organisasi sekaligus pengambilan sumpah bagi pengurus PMI cabang Bitung masa bhakti 2013 - 2018 yang di ketuai oleh Dra. Khouni Lomban Rawung,MSi, sekretaris Robby Kawengian, STh, SPd.MAP. dan bendahara Vonny Tumundo, SPd.
Diawal sambutan ketua PMI cabang Bitung Dra. Khouni Lomban Rawung,MSi menyampaikan apresiasi kepada pemerintah kota Bitung dibawah kepemimpinan walikota Hanny Sondakh dimana selama lima tahun dukungan dan bantuan terus dilakukan sehingga berbagai program dapat dilaksanakan dengan baik. kami berharap sebagaimana dukungan yang telah dilakukan pada periode yang lalu kiranya akan tetap berjalan dan terjalin untuk suksesnya berbagai harapan dan program kita demi kemanusiaan," ujar Rawung.
Dengan berbagai prestasi yang ditorehkan PMI cabang Bitung menjadi gambaran keseriusan pengurus melaksanakan program," PMI cabang Bitung adalah cabang di Sulut yang sangat aktif dan inovatif dalam melaksanakan tugas sehingga kami bangga dengan kepemimpinan Ny. Khouni Lomban Rawung," ujar ketua PMI sulut James Karinda, SH.MH. dalam sambutannya.
Sementara itu walikota Bitung Hanny Sondakh dalam sambutannya berharap PMI yang selama ini banyak membantu pemerintah di bidang kemanusiaan akan tetap menjadi mitra pemerintah dalam melaksanakan misi kemanusiaan," PMI melaksanakan tugas yang sangat mulia dimana tidak semua orang dapat melakukannya, untuk itu melalui kepengurusan yang baru kiranya akan memberikan semangat dan tenaga baru dalam melaksanakan tugas kemanusiaan," ujarnya.
Disela - sela pelantikan pengurus dilakukan pula launching website PMI dan penyerahan kartu tanda anggota ( KTA ). acara ini turut dihadiri pula oleh anggota DPD RI Aryanti Baramuli Putri, wakil walikota M.J.Lomban, SE.MSi, Ketua pengadilan negeri Bitung Ahmad Solihin, SH.MH, SKPD dilingkungan pemerintah kota Bitung, pengurus PMI kecamatan, PMR, KSR, Sibat dan para instansi pendonor.


Adapun pengurus PMI cabang Bitung masa bhakti 2013 - 2018  :
1. Ketua : Dra. Khouni Lomban Rawung,MSi
2. Wkl ketua bid Organisasi dan kelembagaan : Ir. Maurits Mantiri
3. Wkl ketua bid Penanggulangan bencana : Drs. Maxi Rompas, SH.MSi, M.MPd
4. Wkl ketua bid PMR dan relawan : Julius Ondang, SPd.MSi
5. Wkl ketua bid Kesehatan, transfusi darah dan pelayanan sosial Masyarakat : dr. Vonny Dumingan, M.Kes
6. Wkl ketua bid Hubungan kerjasama dan penggalangan dana : Vebry Tairas, STh.
7. Sekretaris : Robby Kawengian, STh,SPd.MAP.
8. Wasek bid Organisasi dan kelembagaan : Drs. Iwan Ikhsan, MAP
9. Wasek bid Penanggulangan bencana : Sefferson Sumampouw, SSTP
10. Wasek bid PMR dan relawan : Jonly Runtuwene, S.Sos
11. Wasek bid Kesehatan, transfusi darah dan pelayanan sosial Masyarakat : dr. Lucky Kromo
12. Wasek bid penggalangan dana : Nick Adicipta Lomban, SE
13. Wasek bid Hubungan kerjasama : Fredrik Karinda, ST
14. Bendahara : Vonny Tumundo, SPd
15. Wkl Bendahara : Yessi Dandel Kotambunan, MTh.

Lomban terima kunjungan Aryanthi Baramuli Putri


(19/3) Bertempat di ruang rapat Wakil Walikota Bitung. Lomban bersama Kepala Disperindag, Perwakilan Bappeda, BPPT-PMD, Dinas Perhubungan, Dinas Tata Ruang, serta Dinas PU menerima kunjungan kerja dari Aryanthi Baramuli Putri, SH, MH Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia beserta rombongan. Walikota Bitung Max J. Lomban menyambut baik kedatangan Aryanthi Baramuli Putri yang kali ini terkait penetapan Kota Bitung sebagai salah satu kawasan ekonomi khusus (KEK) di Indonesia. Pada kesempatan ini Lomban memaparkan kesiapan Kota Bitung lewat pelabuhan bongkar-muat yang sudah siap berkorelasi dengan KEK nantinya. "Secara Administrasi Kota Bitung sudah memenuhi semua persyaratan yang diperlukan, hanya tinggal menunggu keputusan dari pusat." kata Lomban. Aryanthi Baramuli Putri mengatakan akan bersama-sama Provinsi Sulawesi Utara dalam memperjuangkan realisasi KEK Kota Bitung di pusat, Aryanthi juga meminta doa dan dukungan dari semua masyarakat Provinsi Sulawesi Utara khususnya Kota Bitung agar penetapan KEK di Kota Bitung secepatnya terealisasi.

Sondakh Terima Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Peserta Orientasi Kepemimpinan dan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah


(18/3) Bertempat di Guest House Rumah Jabatan Walikota Bitung Kelurahan Kadoodan Kecamatan Madidir, Walikota Bitung Hanny Sondakh didampingi Wakil Walikota Bitung Max Lomban, SE, M.Si beserta Kepala-kepala SKPD menerima kunjungan Tim Observasi Lapangan Peserta Orientasi Kepemimpinan dan Penyelenggaraan  Pemerintah Daerah bagi Bupati/Walikota dan Wakil Bupati/Wakil Walikota Angkatan ke- 1 Tahun 2013 yang diselenggarakan oleh Badan Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia. Para Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah yang terdiri dari Walikota Bontang Provinsi Kalimantan Timur Ir. H. Adi Darma, M.Si, Bupati Sorolangun Provinsi Jambi Drs. H. Cek Endra, Wakil Bupati Siak Provinsi Riau Drs. H. Alfedri, M.Si, Wakil Bupati Lampung Tengah Provinsi Lampung Ir. H. Mustafa, MH, dan Wakil Bupati Belangan Provinsi Kalimantan Selatan Drs. Ansarudin, M.Si. Tujuan dari observasi lapangan ini adalah melihat kondisi pemerintahan yang ada di kota Bitung, infrastruktur daerah, serta potensi-potensi yang dimiliki kota Bitung baik dari segi ekonomi, sosial dan pariwisata. 

Sondakh menyambut baik kedatangan para Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah ini dan langsung memfasilitasi segala keperluan yang dibutuhkan baik yang menyangkut data maupun kunjungan ke beberapa fasilitas kota seperti Pelabuhan Nusantara, Terminal Peti Kemas, Tempat Pelelangan Ikan, dan Pabrik pengelolaan Ikan kaleng Carnniva Naemundung,
rombongan menyatakan kagum atas pelabuhan, Laut dan Industri yang dimiliki kota bitung, semoga ini dapat diterapkan di daerah kami, ujar H adi Darma selaku ketua rombongan.

Senin, 18 Maret 2013

SONDAKH PIMPIN RAPAT EVALUASI SKPD


Untuk lebih meningkatkan kualitas kerja satuan kerja perangkat daerah ( SKPD ) jajaran pemerintah kota Bitung, senin 18/3. setelah apel Korpri walikota Bitung Hanny Sondakh mengumpul para kepala SKPD di lingkungan pemerintah kota Bitung di ruang rapat lantai empat, untuk mengevaluasi berbagai program yang sudah, sementara dan akan dilaksanakan kedepan. menurut Sondakh rapat evaluasi ini disamping untuk mengukur sejauhmana kegiatan dan capaian dari setiap SKPD tetapi juga sebagai sarana untuk saling berbagi pendapat, saran dan motivasi antar kepala SKPD terutama dalam menyelesaikan berbagai permasalahan dalam pelayanan, " ujar Sondakh saat memimpin rapat. ia berharap agar seluruh SKPD dapat memaksimalkan kinerja sehingga pelayanan bagi masyarakat semakin hari semakin baik. 
Rapat evaluasi yang juga dihadiri wakil walikota M.J.Lomban dan sekretaris daerah kota Edison Humiang mengangkat pula tentang perkembangan relokasi pasar, disiplin administrasi dan keuangan serta laporan studing wawali di Bojonegoro bersama instansi terkait.

LOMBAN PEMBINA APEL KORPRI DAN HARI BAKTI RIMBAWAN



 Apel korpri jajaran pemerintah kota Bitung yang dilaksanakan setiap tanggal 17 dilaksanakan melalui upacara bendera mengambil lokasi lapangan upacara kantor walikota Bitung, senin 18/3. bertindak sebagai pembina apel wakil walikota Bitung M.J.Lomban.SE.MSi sedangkan pemimpin apel sekretaris badan perijinan dan penanaman modal daerah Lady Ambat, SSTP dan perwira apel kaban perijinan dan penanaman modal daerah Ir. Pingkan Sondakh. kegiatan ini bertepatan pula dengan hari bakti rimbawan tahun 2013.
Lomban dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas kinerja korps pegawai republik Indonesia kota Bitung yang telah melaksanakan tugas - tugas negara dengan baik sehinga baru - baru ini melalui menteri dalam negeri Gamawan Fauzi memberikan penghargaan bidang pengelolaan tata ruang ( sub bidang ruang terbuka hijau ) memperoleh peringkat kedua se- Indonesia. kemudian bidang sanitasi ( sub bidang pengelolaan persampahan ) peringkat tiga se-Indonesia.dan bidang pengelolaan tata ruang ( sub bidang pemanfaatan ruang ) peringkat dua se-Indonesia. kita patut bersyukur karena penghargaan ini diberikan bagi kota yang mampu meningkatkan pembangunan daerah dengan menerapkan inovasi dan manajemen perkotaan yang terbaik, dan dianggap dapat menjadi panutan serta teladan bagi pemerintahan kota lainnya, diharapkan melalui penghargaan ini sebagai abdi negara dan abdi masyarakat untuk terus meningkatkan kinerja kita dengan terus mengembangkan diri, mempelajari berbagai ilmu pnegetahuan dan peraturan menyangkut tugas pokok kita," ujarnya. kemudian terkait dengan hari bakti rimbawa tahun 2013 yang mengambil tema," memperkokoh jiwa korsa rimbawan dalam mewujudkan pelayanan prima," saya mengajak untuk terus menggiatkan penanaman pohon dalam rangka rehabilitasi hutan dan lahn sebagai tanggung jawab kita terhadap kehidupan bebangsa dan bernegara.


Diakhir apel wawali menyerahkan bibit pohon kepada perwakilan siswa, tokoh masyarakat dan PNS untuk ditanam di masing - masing lingkungan.

Minggu, 17 Maret 2013

Ketua TP PKK Kota Bitung Belanja di Pasar Pinasungkulan


(15/3) Bertempat di Pasar Pinasungkulan Kelurahan Sagerat Weru Dua Kecamatan Matuari, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Bitung Ny. Josephine Sondakh Taroreh berbelanja kebutuhan pokok seperti ikan, sayuran, buah, dan sembako. Kedatangan First Lady Bitung ini mendapatkan sambutan yang baik dan membuat kemeriahan bagi pedagang yang sedang berjualan. Dalam kesempatan ini Taroreh yang penuh dengan kesederhanaan, menyempatkan diri untuk membaur dan berdialog dengan satu persatu pedagang yang ada untuk mendengarkan masukan-masukan yang menjadi kerinduan danj harapan dari para pedagang dan berjanji untuk meneruskan pesan ini kepada Pemerintah Kota Bitung. Taroreh juga menghimbau kepada ibu-ibu yang ada di Kota Bitung agar memanfatkan pasar Pinasungkulan ini dengan baik karena sudah representatif, dengan berbelanja kebutuhan sehari-hari disini. Aktivitas belanja di pasar Pinasungkulan ini juga dilakukan oleh Ketua DWP Kota Bitung Ny. Telly Humiang Muhaling beserta anggota PKK dan Dharma Wanita Persatuan Kota Bitung.

SONDAKH SAMPAIKAN SPT TAHUNAN


Walikota Bitung Hanny Sondakh, jumat 15/3. menyampaikan SPT tahunan di kantor pajak pratama Bitung dalam acara pekan panutan penyampaian SPT tahunan dan PPH. menurut Sondakh bahwa sebagai pejabat negara harus memberikan contoh kepada masyarakat menyangkut kewajiban membayar pajak dan menyampaikan SPT tahunan sebab pajak mempunyai peranan yang penting dalam kehidupan bernegara, khususnya didalam pelaksanaan pembangunan, karena pajak merupakan sumber pendapatan negara untuk memebiayai semua pengeluaraan terkait dengan pelaksanaan pembangunan di seluruh Indonesia termasuk di kota Bitung. oleh sebab itu saya mengajak bagi seluruh wajib pajak terutama kepala SKPD dan pimpinan lembaga vertikal dapat menjadi panutan dengan membayar pajak dan menyampaikan SPT tahunan sebagaimana ketentuan," ujarnya.
Setelah menyampaikan SPT tahunan walikota Bitung Hanny Sondakh menerima tanda bukti penyampaian SPT dari pihak KPP pajak Pratama Bitung yang diserahkan oleh kepala kantor KPP pajak Pratama Bitung Denny Makisanti. dan selanjutnya pula memberikan penghargaan bagi wajib pajak perorangan dan badan hukum.  Makisanti dalam laporannya bahwa KPP Pratama Bitung sampai tanggal 14 Maret 2013 melayani wajib pajak pribadi sebanyak 77.238, badan hukum 6.713, dan bendahara 2.153 dengan total 86.104 wajib pajak. Hadir dalam kegiatan ini kepala kantor wilayah DJP Suluttenggo dan Maluku utara Hestu Yoga Saksama, ketua pengadilan negeri Bitung Ahmad Salihin serta FKPD dan SKPD jajaran pemkot Bitung.

PEMKOT, TNI DAN POLRI KERJA BAKTI DI PASAR GIRIAN


Jajaran pemerintah kota Bitung yang dipimpin asisten I bidang pemerintahan dan kesra Fabian Kaloh, SIP.MSi. asisiten II bidang pembangunan dan ekonomi Dra. Dahlia Kaeng, MS. dan asisten III bidang administrasi umum Drs. Malton Andalangi bersama jajartan Polres Bitung, Kodim 1310 Bitung dan dodiklat secata B, melakukan kerja bakti di pasar Girian, kegiatan kerja bakti diawali dengan apel bersama di halaman gedung Kesenian kemudian dibagi beberapa kelompok untuk melakukan kerja bakti membersihkan sampah - sampah serta puing - puing bekas lapak pedagang yang kini telah di relokasi ke pasar Pinasungkulan Sagerat.
Menurut Kaloh bahwa kegiatan kerja bakti dilakukan untuk membantu pedagang membersihkan puing - puing lapak dan sampah, dan kami melibatkan instansi TNI dan Polri untuk mewujudkan kebersamaan dan sinergitas dengan masyarakat,' ujarnya.

Ketua TP PKK Kota Bitung Serahkan Bantuan Seragam di PAUD Bitung Pintar


(15/3) Bertempat di PAUD Bitung Pintar Binaan Rumah Pintar Cakalang Kelurahan Madidir Ure Kecamatan Maesa, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Bitung Ny. Josephine Sondakh Taroreh menyerahkan bantuan seragam olahraga kepada 23 orang anak binaan. Bantuan ini langsung diterima oleh Kepala Sentra PAUD Bitung Pintar Jessi Nua, S.Pd. Dalam kesempatan ini Taroreh berpesan kepada anak-anak binaan untuk harus sekolah dan rajin belajar supaya menjadi anak yang pintar. Kepada para orang tua dihimbau untuk tidak bosan-bosannya membawa anak-anak mereka untuk datang ke PAUD sehingga anak-anak kita semakin kreatif dan membangun sinergitas antara orang tua dengan para pembina PAUD dalam menanamkan nilai-nilai kepribadian anak seperti belajar bertanggungjawab kepada diri sendiri yang harus dimulai sejak usia dini. 
Taroreh juga berpesan agar anak-anak diajarkan tentang kebersihan yang dimulai dari diri sendiri serta harus peduli dengan lingkungan di sekitar kita.      

Dinas Kebersihan Kota Bitung Laksanakan Kegiatan Rutin "Bersih-bersih Pantai & Selat Lembeh"



Dalam rangka membersihkan Selat Lembeh dari sampah, Dinas Kebersihan Kota Bitung telah melaksanakan beberapa kegiatan baik yang berupa tindakan pencegahan maupun tindakan penanganan. Tindakan pencegahan atau preventif dilakukan dengan melaksanakan sosialisasi
secara langsung ke wilayah Kecamatan yang ada di pesisir Selat Lembeh baik Lembeh Utara, Lembeh Selatan, Aertembaga, kecamatan Madidir, Girian, Matuari dan sampai ke Pusat Perlindungan Satwa yang ada di Tasik Oki yang ada di Minahasa Utara. Sosialisasi ini bertujuan untuk mengajak masyarakat pesisir pantai untuk bersama-sama menjaga kebersihan di pesisir pantai dari sampah terutama sampah plastik. Selain itu juga dilakukan sosialisasi melalui pemasangan baliho serta stiker yang ditempatkan di pelelangan dan di pinggir pantai Papusungan Kecamatan Lembeh Selatan.
Untuk tindakan penanganan atau represif, Dinas Kebersihan bekerja sama dengan Camat Lembeh Utara, Lembeh Selatan, Aertembaga dan Maesa pada hari Jumat yang lalu telah melaksanakan kegiatan Bersih-bersih Pantai Selat Lembeh yang dipusatkan di Pelabuhan Perikani Aertembaga. Dari hasil kegiatan tersebut telah berhasil diangkat sampah dari laut sebanyak empat container, dimana kurang lebih 100 kg dimasukkan ke Bank Sampah. Kegiatan bersih-bersih pantai ini akan berlangsung setiap hari Jumat sehingga diharapkan  kebersihan Selat Lembeh dapat terjaga.

PEMKOT BITUNG BERI APRESIASI BAGI PEDAGANG PASAR GIRIAN


Pemerintah kota Bitung melalui asisten I bidang pemerintahan dan kesra Fabian Kaloh, SIP.MSi memberikan apresiasi kepada seluruh pedagang pasar Girian yang dengan sukarela membongkar lapaknya sendiri dan pindah ke pasar Pinasungkulan Sagerat, hal ini dikatakan Kaloh disela - sela memantau relokasi pedagang pasar Girian ke pasar Pinasungkulan, kamis 14/3. " kami memberikan apresiasi dan salut bagi seluruh pedagang yang dengan sukarela mulai membongkar lapak dan barang dagangannya untuk pindah ke pasar Pinasungkulan yang telah disiapkjan oleh pemerintah kota Bitung, tentunya relokasi pasar ini adalah untuk kebaikan seluruh masyarakat termasuk pedagang sehingga dalam relokasi pasar ini pemerintah membantu serta memfasilitasi berbagai hal yang diperlukan para pedagang, kami berharap kerjasama seperti ini akan terus dilakukan untuk kemajuan kota Bitung karena untuk membangun daerah ini butuh kebersamaan kita sekalian, untuk itu diharapkan pula seluruh masyarakat mendukungnya termasuk datang berbelanja di pasar Pinasungkulan," ujarnya.

Kaloh Buka Sosialisasi Perwako tentang LPJ


(13/3) Walikota Bitung diwakili Assisten I bidang pemerintahan dan kesejahteraan Rakyat kota Bitung Fabian Kaloh SIP, MSi, membuka sosialisasi Peraturan Walikota Bitung Nomor 7 Tahun 2013 tertanggal 25 Febuari 2013 tentang Harga Eceran teringgi (HET) Liquefied Potroleum Gas (LPG) tabung 3kg bertempat balai pertemuan Umum kantor walikota bitung, rabu 13/3. Yang dihadiri SKPD, seluruh Lurah kota bitung, para Agen dan pemilik pangkalan LPG kota bitung.
Dalam sambutan Walikota Bitung yang dibacakan Assisten I Fabian kaloh SIP MSi Guna mengantisipasi kelangkaan GAS LPJ di kota bitung khususnya Tabung 3kg Pemkot terus berupaya untuk melaksanakan ketentuan Pasal 7 Peraturan Presiden No. 104 tahun 2007 tentang penyedian, pendistribusian dan penetapan Harga LPG tabung 3 kg untuk keperluan rumah tangga dan usaha mikro, dengan melakukan  penetapan Walikota bitung Nomor 7 tahun 2013 tentang harga eceran teringngi tabung 3 kg di kota Bitung dengan nilai harga Rp.14.500.
Sosialisasi ini guna menghindari adanya oknum-oknum tertentu yang berusaha mengambil keuntungan pribadi, tanpa memperhatikan bahkan mengabaikan peraturan yang telah ditetapkan, sehingga menimbulkan protes dan kerugian dari masyarakat. Untuk itu diminta kepada masyarakat agar memahami dengan baik keterkaitan dengan peraturan penggunaan dan penjualan harga LPG yang telah disosialisasikan pada kesempatan ini.
Kegiatan ini dilanjutkan oleh assisten II bidang Perekonomian kota bitung Dra. Hj. Dahlia Kaeng, MS. Didampingi kepala Dinas Energi sumber daya mineral kota Bitung Ir. Alex Watimena. menambahkan bahwa masyarakat menerima LPJ tabung 3 kg melalui pangkalan, bukan di Agen, yang dipasok melalui pihak pertamina. Dengan harapan pihak agen dapat bekerjasama dengan pemilik pangkalan agar kebutuhan gas LPJ dapat tersalurkan dengan baik dan memohon perhatian dari penyalur LPJ untuk menjual dengan harga standar sesuai ketentuan yang berlaku.
Ketentuan ini hanya berlaku di kota bitung dan lebih murah dari daerah kabupaten/kota di Sulawesi utara, karena telah ditetapkan perwako nomor 7 tahun 2013.

Sekot Humiang Tutup Diklat PIM IV


Bertempat ruang sidang lantai IV kantor walikota bitung Sekretaris Kota Bitung Drs. Edison Humiang Msi. Mewakili Walikota Bitung resmi menutup Diklat Kepemimpinan IV Angkatan I yang digelar  BKDD kota Bitung yang bermitra dengan badan Diklat provinsi Sulawesi Utara Kamis 14/3.
Dalam laporan panitia yang dibacakan kepala Badan kepegawaian daerah kota bitung Ferdinand Tangkudung, SIP, MSi. Menyatakan Sebanyak 40 peserta Diklat Pim IV Angkata I tahun 2013, selama 6 minggu  yang dilaksanakan di balai pendidikan dan latihan perikanan Aertembaga, dan telah melakukan Orientasi Lapangan, dan akhirnya telah menyelasaikan tugasnya sebagaimana diharapakan dan semuanya dinyatakan lulus dengan baik.
Dalam sambutan walikota bitung yang dibacakan Sekretaris Kota bitung mengucapkan selamat bagi seluruh peserta diklat Pim IV.
Humiang juga berharap peserta diminta untuk mutlak memiliki pengetahuan, keterampilan, serta etika dan memiliki sikap yang baik, sebab hal ini penting dan menjadi tuntutan sebagai seorang PNS untuk bertanggungjawab dan selalu melakukan yang terbaik dalam etos kerja, Semoga hal ini akan memberi perubahan kontribusi dalam pembangunan kota bitung dengan lahirnya calon pemimpin yang baik dan sosok PNS yang memiliki kualitas kerja yang baik, dan paham akan perannya sebagai pelayanan masyarakat.
Hadir pada acara ini kepala Bidang diklat kepemimpinan provinsi sulut Bpk John Merrentek, AP, MSi. dan para kepala SKPD.

Rabu, 13 Maret 2013

SANITARY LANDFILL DIRESMIKAN


Upaya pemkot kota Bitung untuk melakukan pengelolaan sampah secara modern dan profesional kini terwujud, hal ini dengan beroperasinya Sanitary landfill di lokasi tempat pembuangan akhir ( TPA ) Aertembaga kecamatan Aertembaga setelah diresmikan oleh walikota Bitung yang diwakili assisten I bidang pemerintahan dan kesra Fabian Kaloh, SIP.MSi rabu 13/12., menurut kadis kebersihan Drs. Yossi Kawengian, MAP bahwa pemusnahan sampah dengan metode Sanitary Landfill adalah membuang dan menumpuk sampah ke suatu lokasi yang cekung, memadatkan sampah tersebut kemudian menutupnya dengan tanah. metode ini dapat menghilangkan polusi udara, sanitary landfill merupakan sarana pengurugan sampah ke lingkungan yang disiapkan dan dioperasikan secara sistematis. Ada proses penyebaran dan pemadatan sampah pada area pengurugan dan penutupan sampah setiap hari. penutupan sel sampah dengan tanah penutup juga dilakukan setiap hari. metode ini merupakan metode standar yang dipakai secara internasional, sehingga tidak berbau dan menimbulkan dampak besar terhadap lingkungan," ujarnya. ia menambhakan bahwa Sanitary landfill berdiri di lahan 7 hektar dan menghabiskan anggaran 5,4 milyar.
Sementara itu assisten I bidang pemerintahan dan kesra Fabian Kaloh, SIP.MSi saat membawakan sambutan walikota Bitung berharap dengan diresmikan Sanitary landfill ini akan memberikan manfaat dalam upaya menjaga dan memelihara lingkungan yang lebih bersih dan sehat, karena pengoperasiannya sangat modern dan dampaknya sangat baik bagi lingkungan,  masalah sampah merupakan bagian yang sangat penting dalam kehidupan sebab dimana - mana orang berupaya untuk segera mengantisipasi dengan membuat berbagai terobosan, termasuk kita di kota Bitung semoga apa yang diupayakan saat ini masyarakat akan semakin sehat dan sejahtera," ujarnya.
Hadir dalam acara ini asisten II bidang pembangunan dan ekonomi Dra. Dahlia Kaeng, MS serta para kepala SKPD di lingkungan pemerintah kota Bitung.

HUMIANG : PEMKOT UTAMAKAN LANGKAH PERSUASIF RELOKASI PASAR GIRIAN

 
Timbulnya berbagai polemik dan reaksi menyangkut relokasi pasar Girian ke pasar Pinasungkulan Sagerat oleh sebagian pedagang sehingga proses relokasi seakan belum tuntas sampai saat ini, pemerimntah kota Bitung terus melakukan upaya pendekatan kepada pedagang agar dapat menempati pasaru Pinasungkulan yang telah disiapkan oleh pemerintah kota Bitung, hal ini disampikan sekretaris daerah kota Drs. Edison Humiang, MSi saat memimpin apel jajaran pemerintah kota Bitung yang melibatkan para pejabat eselon II dan III di lingkungan pemerintah kota yang dilaksanakan di terminal induk Tangkoko, selasa, 12/3 malam.
Menurut Humiang bahwa relokasi pasar Girian dilakukan secara persuasif dan kekeluargaan sebab para pedagang merupakan juga masyarakat Bitung dan relokasi ini untuk membuat masyarakat semakin baik dan sejahtera mengingat pesatnya perkembangan pembangunan dan pertumbuhan penduduk sehingga pasar Girian sudah tidak layak lagi untuk beroperasi karena yang dibutuhkan oleh masyarakat adalah pasar yang modern dan layak,  kalau dulu masih memungkinkan dan ini berbeda dengan sekarang," ujar Humiang. " agar tidak menimbulkan persepsi yang tidak baik maka kami melibatkan para pejabat eselon II dan III untuk mengawasi dan membantu pedagang dalam relokasi pasar ini, karena yang kami utamakan adalah tindakan yang persuasif dan kekeluargaan sehingga dengan langkah ini diharapkan akan membantu penyelesian permasalahan ini  dengan baik," harapnya.

Selasa, 12 Maret 2013

Sondakh Ajak PNS dan Masyarakat Kota Bitung Belanja di Pasar Pinasungkulan


Walikota Bitung Hanny Sondakh kembali mengajak masyarakat Kota Bitung terlebih khusus masyarakat yang bertempat tinggal di daerah sekitar Pasar Pinasungkulan untuk berbelanja di Pasar Pinasungkulan yang terletak di Kelurahan Sagerat Weru Satu Kecamatan Matuari. Pasar Pinasungkulan ini sudah sangat representatif, didukung fasilitas-fasilitas penunjang yang sudah memadai seperti kios, tempat penjualan, tempat parkir, saluran air, sistem pengolahan limbah pasar serta fasilitas penunjang lainnya, dan yang terutama Pasar Pinasungkulan ini sudah mulai beroperasi dan sudah siap melayani semua kebutuhan sembako masyarakat disekitarnya. Sondakh juga menghimbau kepada seluruh PNS Kota Bitung untuk terus mensosialisasikan dan mengajak masyarakat untuk dapat bersama-sama berbelanja di Pasar Pinasungkulan.