Kamis, 25 Juli 2013

Humiang Tutup Kegiatan Pelaksanaan HKG PKK


Humiang Tutup kegiatan pelaksanaan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-41 dan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BGRM) X tingkati Kota Bitung 2013, bertempat Gedung BPU Kantor Walikota Bitung, 25/7.
kegiatan ini diawali dengan lomba Cipta Menu yang langsung ditinjau oleh Ketua TP.PKK kota Bitung Ny. Josephien Sondakh , Wakil Ketua TP-PKK Kota Bitung Ny Khouni Lomban Rawung, dan Ketua DWP Kota Bitung Ny Telly Humiang-Muhaling, bersama tim penilai. Dan dilanjutkan dengan pembacaan laporan yang dibacakan Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Kelurahan Ritta E. Tumewu, MPd. Menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan puncak dari hasil kegiatan yang diselenggarakan satu bulan penuh pada Mei lalu melalui beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan, yang bertujuan meningkatkan Koordinasi, Sinkronisasi dan Sinergitas dalam pelaksanaan program kegiatan berbasis dan berorientasi pemberdayaan masyarakat.
Sementara itu Ketua TP.PKK kota Bitung Ny. Josephien Sondakh Taroreh dalam sambutanya mengatakan semoga penyelenggaraan yang telah dilaksanakan akan meningkatkan peran persatuan dan kesatuan dalam masyarakat serta adanya peningkatan peran aktif dalam pembangunan melalui terjalinya kemitraan antara masyarakat terhadap hasil pembangunan.
Sekretrais Kota Bitung Drs. Edison Humiang  yang juga Penanggujawab Kegiatan ini memberikan motivasi terhadap Oraganisasi PKK Kota Bitung terutama dibidang social yang selalu konsisten dalam berkiprah sebagai mitra pemerintah melalui berbagai inisatif Program melalui pemberdayaan kesejahteraan keluaga.
Akhir kegiatan dirangkaikan dengan penyerahan hadiah yang diberikan Sekretari Kota Bitung, bersama Ketua TP.PKK kota Bitung Ny. Josephien Sondakh , Wakil Ketua TP-PKK Kota Bitung Ny Khouni Lomban Rawung, dan Ketua DWP Kota Bitung Ny Telly Humiang-Muhaling kepada pemenang lombah berupa Lomba Kelurahan Tingkat Kota Bitung, Lomba Kelurahan Pelaksana Terbaik Gotong Royong masyarakat Tingkat Kota Bitung, Lomba PHBS, Lomba LBS, Lomba Posyandu dan Lomba Cipta Menu.

Rabu, 24 Juli 2013

Lomban Pimpin Rapat Evaluasi BLSM dan PKH Kota Bitung


(24/07) Bertempat di ruang sidang Kantor Walikota Bitung, Wakil Walikota Bitung Max Lomban memimpin rapat evaluasi bantuan langsung sementara masyarakat (BLSM). Membacakan sambutan Walikota Bitung Lomban mengingatkan kembali maksud program pemberian bantuan tunai langsung sementara untuk masyarakat adalah untuk membantu mempertahankan daya beli rumah tangga agar terlindungi dari dampak kenaikan harga penyesuaian bahan bakar minyak (BBM). BLSM sendiri bertujuan untuk membantu masyarakat miskin agar dapat memenuhi kebutuhan dasarnya, ,emcegah penurunan taraf kemiskinan, serta ,meningkatkan tanggung jawab sosial bersama.
Lomban mengakui bahwa penyaluran BLSM dewasa ini belum maksimal karena ditemukannya berbagai permasalahan yang diakibatkan oleh beberapa hal teknis yang belum berjalan denan baik dan diharapkan lewat rapat evaluasi ini dapat menjadi wadah yang tepat, dimana semua unsur terkait dapat saling bertukar informasi bahkan mendapatkan jalan keluar dari setiap permasalahan yang ada. Lomban berharap melalui rapat evaluasi ini hal-hal yang menjadi permasalahan dalam penyaluran BLSM dapat diselesaikan secara bersama-sama sebagai wujud tanggung jawab dan komitmen bersama dalam menyukseskan program pembangunan dalam rangka kesejahteraan masyarakat.
Beberapa hal yang menjadi permasalahan saat penyaluran BLSM sampai saat adalah ditemukannya PNS yang menerima BLSM, penurunan atau peningkatan status sosial masyarakat dalam kurun waktu tertentu yang menyebabkan data penduduk miskin sudah tidak valid serta bertambahnya penduduk miskin yang tidak terakomodir BLSM.
Dalam diskusi dengan Kepala Badan Pusat Statistik Kota Bitung, Kepala Kantor Pos Indonesia Kota Bitung, Lomban menyimpulkan bahwa sesuai Instruksi Menteri Dalam Negeri No. 541/3151/SJ tentang pelaksanaan pembagian kartu perlindungan sosial (KPS) dan penanganan pengaduan masyarkat maka perubahan data masyarakat yang tidak sesuai kriteria atau mereka yang dikategorikan mampu bisa diganti oleh pihak kelurahan dengan berpedoman pada hasil musyawarah kelurahan yang melibatkan semua elemen masyarakat.
"Apabila ditemukan data yang tidak valid, maka saya instruksikan kepada setiap Lurah untuk mengadakan musyawarah dengan penerima BLSM sehingga dapat dilakukan perubahan tanpa melebihi kuota BLSM yang sudah ditetapkan. Hasil perubahan data tersebut kemudian dapat secepatnya dimasukkan ke Kantor Pos sebelum bulan Agustus 2013 mendatang." jelas Lomban
Kepala Dinas Sosial Kota Bitung Berty Sandag,SE,ME menambahkan bahwa penyaluran BLSM kepada 10.798 rumah tangga akan didampingi dan diawasi oleh Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan dan untuk penyaluran bantuan PKH Tahap Dua bagi 2.981 RTSM di Kota Bitung telah dilakukan dengan jumlah nominal Rp. 1.762.052.500 (satu milyar tujuh ratus enam puluh dua juta lima puluh dua ribu lima ratus rupiah).
Acara ini dihadiri para Camat dan Lurah se-Kota Bitung, TKSK, serta para pendamping.

Apel Bersama Pemkot Bitung


 5 Prestasi Siap Ke Tingkat Nasional
.

Peringatan Hari Koperasi ke 66 tahun dan peringatan Hari Anak Nasional tahun 2013 dirangkaikan dengan apel korpri 24/07 di lapangan upacara Pemkot Bitung, diwarnai penyerahan sejumlah prestasi  tingkat Propinsi, diantaranya siap ke  tingkat Nasional.
Peringatan Hari Koperasi dengan tema sejahtera bersama koperasi yang mengandung semangat bahwa seluruh penggiat koperasi bertekad menjadikan koperasi kuat kelembagaanya, sehat usahnya, mandiri dalam mengambil keputusan dan tangguh dalam menghadapi pesaing usahanya dengan demikian menurut Wakil Walikota Bitung M. J. Lomban koperasi akan mampu meningkatkan kesejahteraan anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya," Saya yakin jika koperasi dikelola lebih baik lagi maka dapat dipastikan lebih sejahtera anggotanya sekaligus dapat menyelesaikan persoalan sosial dan budaya masyarakat kita,' tutur Lomban



Terkait peringatan Hari Anak Nasional Lomban mengajak kepada semua komponen masyarakat untuk merespon setiap program dan kegiatan yang bertujuan untuk membina  dan mengembangkan potensi anak bangsa lebih khusus yang ada di kota Bitung," Dengan semangat hari anak nasional diharapkan kita dapat menggugah sikap keramahan dan kepedulian masyarakat terhadap anak melalui pengasuhan keluarga untuk menjadikan anak sebagai pewaris bangsa yang berkualitas," ujar Lomban, keluarga harus menciptakan suasana kondusif bagi anak dan bisa menjadi teladan yang baik dan memberi kasih sayang.
Dalam apel bersama lomban menyerahkan penghargaan kepada sejumlah Warga dan Pegawai Lingkup Pemerintah Kota Bitung yang berhasil meraih keberhasilan, 5 orang diantaranya mengikuti lomba tingkat nasional,  untuk itu kepada yang akan mengikuti Lomba Tingkat Nasional sekaligus mengikuti Upacara Peringatan detik - detik HUT Kemerdekaan RI Di sitana negera akan dapat memberikan yang terbaik sehingga bisa  meraih sukses di tingkat nasional," Menjadi harapan bersama semua yang akan ke tingkat nasional akan mampu membawa nama baik Sulawesi Utara pada umumnya dan kota Bitung pada khususnya sehingga bisa dapat meraih yang terbaik," harap Lomban.
Kesempatan tersebut dirangkaikan dengan penyerahan Bunga sebagai tanda cinta kasih dari 3 Orang perwakilan anak Kota Bitung Kepada Wakil Walikota Bitung, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Bitung Josephine Sondakh Tarore dan Sekretaris Kota Bitung bersama Ibu.

A. Penghargaan kepada
    Kelompok Tani Ustaka Juara II Kategori ternak kambing tingkat Propinsi
    Kelompok Usaha Pengolahan Perikanan Ustafu Kelurahan Girian Werus satu Juara I Kategori Gerakan Masyarakat pencinta   
    Minapolitan Tingkat Propinsi
    Kelompok Tani Patuarian kelurahan Dua Sudara Juara II Kategori Ternak Babi Tingkat Propinsi
    Kelompok tani Dembet Apela II juara Kategori ternak Sapi tingkat Propinsi.

B. yang akan mengikuti upacara Di istana Negara
    Lurah,Tim Penggerak PKK dan LPM Kelurahan  Girian Weru II Juara I Kelurahan Tingkat Propinsi
    Drs Zainudin Juara I Lomba Kantor Urusan agama Telada Tingkat Propinsi.
    Martina Poluan,SP Pemenang lomba penyuluh teladan tingkat propinsi kategori tenaga harian lepas tenaga bantu penyuluh

Selasa, 23 Juli 2013

Sondakh Perjuangkan Dana Penguatan Modal Bagi Koperasi


Dalam rangka pengembangan  potensi perkoperasian di kota Bitung, Walikota Bitung Hanny Sondakh melakukan koordinasi ke Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil menengah (UKM) terkait program pemberdayaan koperasi di kota Bitung.
Senin 22/07 Walikota Bitung didampingi Kepala dinas koperasi Julianus Warouw temui kementrian Koperasi dan UKM melalui Sekretaris kementrian koperasi dan UKM Ir Agus Muharam menyangkut program bantuan dari kementrian koperasi dan UKM berupa penguatan modal beberapa koperasi di Bitung tahun 2003-2008 yang mengalami hambatan dan mengenai program kementrian berupa program - program pemberdayaan koperasi di Bitung tahun 2013  semetara dalam proses bahkan sudah ada koperasi yang  terealisasi. Program langsung ke koperasi yang difasilitasi oleh Dinas Koperasi dan UKM kota Bitung .
Program bantuan dari kementrian yang mengalami hambatan, kementrian akan melakukan penilaian terhadap koperasi melalui realisasi  bersih koperasi,' Pada prinsipnya dari pihak kementrian akan melakukan penilaian realisasi bersih terhadap koperasi - koperasi tersebut," tutur Sondakh dengan membuat berita acara mengetahui Dinas Koperasi dan Kementrian Koperasi.
Hasil penilaian akan ada kemungkinan penghapusan sedangkan yang tidak mengalami pengahapusan, melakukan pengembalian lewat rekening lembaga penyalur dana bergulir.
Sondakh mengenai pemberdayaan koperasi berharap semua koperasi yang menerima program dapat mengelola dengan baik bagi kemajuan koperasi ," tentunya harapan bersama dengan terjadinya perkembangan pada setiap koperasi akan dapat meningkatkan taraf hidup mayarakat yang juga adalah anggota koperasi tersebut," harap Sondakh dengan demikian akan mampu mendongkrak siklus perkonomi di kota Bitung.

Lomban Gelar Rapat Realisasi DAK SKPD

 














(23/07) Bertempat di ruang rapat Wakil Walikota Bitung, Max Lomban menggelar rapat terkait realisasi DAK beberapa SKPD yaitu BP4K, Disperindag, Dikpora, Dishub, Badan Penanggulangan Bencana serta RSUD. Masing-masing SKPD memaparkan realisasi DAK yang sudah dilakukan serta permasalahan yang ada terkait lambatnya pencairan.
Didampingi Kepala Bagian Pembangunan Setda Kota Bitung dan Kepala Bidang Perbendaharaan BKPBMD, Lomban menginstruksikan agar setiap SKPD dapat bekerja dengan cepat, tepat dan akurat sesuai mekanisme dalam merealisasikan dana DAK.
"Saya minta setiap SKPD untuk dapat bekerja dengan giat sehingga realisasi DAK dapat dilakukan secepat mungkin, apabila ditemukan permasalahan dilapangan agar dapat dikonsultasikan dengan saya ataupun Bagian Pembangunan dan Badan Pengelola Keuangan & BMD." tegas Lomban.

Senin, 22 Juli 2013

Lomban Hadiri Sosialisasi Akademi Komunitas Di Makasar


Dalam rangka pelaksanaan amanat UU No.12 tahun 2012 tentang pendidikan tinggi dan Permendikbud NO.48 tahun 2013 tentang pendirian,perubahan dan pencabutan izin Akademi Komunitas dan melalui direktorat kelembagaan dan kerjasama lakukan sosialisasi pendirian Akademi Komunitas.
Sosialisasi akademi Komunitas di Makasaar 18-20/07 di hadiri oleh   41  perwakilan Kabupaten /Kota, dari Kota Bitung di hadiri oleh Wakil Walikota Bitung M.J.Lomban dan Kepala Dinas pendidikan, pemuda dan olah raga DR.H Bawuo, Wakil Walikota Bitung dalam sosialisasi melaporkan sejauh mana kesiapan  pemerintah kota Bitung terkait pendirian Akademi Komunitas dan laporan tersebut diterima oleh Kementrian pendidikan kebudayaan dan Kementrian perekonomian,"Dari seluruh kabupaten/kota yang paling siap kota Bitung, oleh karena itu sudah bisa action tahun 2014," tutur Lomban, kesiapan ke arah tersebut masi akan ada pembenahan - pembenahan sambil mengacu pada Permendikbud No.48 tahun 2013.
Perencanaan pembangunan kota Bitung yang terencana dan terpadu diperlukan daya dukung semua aspek, hal ini menurut wakil walikota Bitung  dengan pendirian Akademi Komunitas mendukung kota Bitung dalam pengembangan kedepan," Penting akademi komunitas untuk menyongsong masterplan percepatan dan perluasan pembangunan ekonomi dan kawasan ekonomi khusus kota Bitung," ujar Lomban.melalui kesiapan sumber daya manusia.

Humiang Buka Rapat TEPPA


Sekretaris Kota Bitung Drs. Edison Humiang, Msi didampingi Assisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Dahlia Kaeng Buka Pelaksanaan rapat Tim Evaluasi Dan Pengawasan Penyerapan Anggaran (Teppa) bertempat Ruang Sidang Lantai 4 Kantor Walikota Bitung, 22/7.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Frangky, SE, Ak, Msi bersama Kepala Bagian Pembangunan Jhon Simarmata ST. Menjelaskan bahwa (TEPPA) adalah suatu tim kerja yang dibentuk oleh Pemerintah secara berjenjang dari Pusat sampai ke Daerah, dengan tujuan untuk melakukan pengendalian percepatan penyerapan belanja daerah dan juga mengkoordinasikan langkah-langkah strategis. Ditambahkan pula Rapat Evaluasi ini dihadiri oleh Para Asisten, Staf Ahli, Pimpinan SKPD dan Para Camat Se Kota Bitung yang memiliki Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) termasuk Para Kepala Sekolah dan Para Kepala Puskesmas dan Jumlah Satuan Kerja yang memiliki DPA yang diikuti sebanyak 94 Satuan Kerja.

Sementara itu Humiang yang juga sebagai penanggungjawab Tim dalam arahannya mengatakan dengan adanya Pembentukan TEPPA juga diharapkan dapat mengkoordinasikan langkah-langkah strategis diantaranya untuk mengupayakan percepatan pengadaan barang dan jasa, pemantauan terhadap perkembangan penyerapan belanja daerah setiap bulan, mengkomunikasikan hambatan penyerapan belanja daerah dan juga melaporkan secara berjenjang perkembangan penyerapan belanja daerah serta kendala-kendala yang dihadapi.
Sebab berdasarkan Intruksi Presiden Republik Indonesia perlu adanya percepatan pembentukan (TEPPA) di masing-masing Provinsi dan Kabupaten/Kota berdasarkan hasil evaluasi pelaksanaan pembangunan tahun 2011, yang terdapat penumpukan anggaran dan kegiatan pada bulan Desember sehingga menyebabkan rendahnya penyerapan APBN dan APBD. Oleh karena itu pada saat penyerahan DIPA 2012 di Istana Negara pada Desember 2011, Presiden RI menginstruksikan kepada seluruh Gubernur dan Bupati/walikota untuk segera :
1.      Lakukan percepatan penyerapan anggaran (di 2012)
2.      Benahi aturan, reward and punishment
3.      Laporkan ke saya bulan April, Agustus dan Nopember
4.      Umumkan ke publik
5.      Tim bantu fasilitasi dan koordinasi

Semoga Hasil rapat evaluasi dan pengawasan penyerapan anggaran ini, nantinya merupakan implementasi dari sistem evaluasi TEPPA atau Sismonteppa yang telah diupayakan dengan cara tepat administrasi, tepat sasaran, bermanfaat, berdaya guna dan berhasil guna. Semoga dengan pelaksanaan rapat evaluasi ini bisa memberikan nilai dan kesungguhan dalam pelaksanaan pembangunan di Kota Bitung. Dengan adanya Rapim TEPPA diharapkan bisa meningkatkan disiplin, percepatan dan pengendalian realisasi APBD Kota Bitung di masa depan. Harapan ke depan, rapat evaluasi dan pengawasan penyerapan anggaran memberikan manfaat yang besar bagi para Kepala SKPD, demi pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat Kota Bitung. “ujar Humiang

Lomban Gelar Rapat Persiapan Penilaian Kota Sehat


Bertempat di ruang rapat Wakil Walikota Bitung, Max Lomban menggelar rapat persiapan penilaian Kota Sehat (22/07). Dalam arahannya Lomban memaparkan poin-poin yang akan menjadi objek penilaian Tim Penilai Kota Sehat yaitu : Kawasan Pemukiman, Sarana dan Prasarana Umum, Kawasan Tertib Lalu Lintas dan pelayanan transportasi, Kawasan Pariwisata Sehat
Kawasan Industri dan Perkantoran Sehat, Kawasan Hutan Sehat, Ketahanan Pangan dan Gizi, Kehidupan Masyarakat yang sehat dan mandiri serta Kehidupan Sosial yang sehat.
Lomban mengingatkan agar setiap SKPD yang terkait dengan poin-point tersebut dapat dengan serius mempersiapkan semua administrasi maupun dokumentasinya agar pada saat tim penilai Kota Sehat melakukan penilaian semua sektor sudah siap. Lomban juga meminta dukungan dari semua unsur masyarakat Kota Bitung dalam mendukung segala persiapan kota sehat ini agar predikat penghargaan swastisaba wistara yang diraih sejak 2011 lalu dapat dipertahankan tahun ini.
"Mari dukung penilaian Kota Sehat dengan terus menjaga kebersihan di Kota Bitung karena hal ini telah menjadi ciri-khas masyarakat Kota Bitung sebagai masyarakat yang sadar akan kebersihan lingkungan." ujar Lomban.
Rapat ini dihadiri seluruh Kepala SKPD yang terkait dengan poin penilaian serta para Camat.

Minggu, 21 Juli 2013

Sondakh : Good Governance dan Clean Government Mutlak dilaksanakan


Dilaksanakannya sidang Majelis Pertimbangan Tuntutan Ganti Rugi (MP TGR) di jajaran pemerintah kota Bitung merupakan bukti bahwa penerapan clean goverment dan good governance adalah komitmen dari pemerintah kota Bitung yang terus dipertahankan. Sidang MP TGR yang telah dilaksanakan pada Jumat 19 Juli 2013 kemarin merupakan bukti nyata keseriusan pemerintah Kota Bitung terhadap peningkatan dan perubahan sistem tata pengelolaan barang dan jasa.
Walaupun Kota Bitung meraih ranking tertinggi survei KPK terhadap integritas sektor publik serta predikat BPK Wajar Tanpa Pengecualian terhadap penataan dan pengelolaan keuangan daerah tidak membuat Pemerintah Kota Bitung berhenti dalam melakukan penataan dibidang pengelolaan barang dan jasa. Gelaran sidang Majelis Pertimbangan Tuntutan Ganti Rugi akan secara kontinyu dilaksanakan karena selain merupakan rekomendasi dari BPK-RI tetapi juga telah menjadi komitmen Pemerintah Kota Bitung untuk mewujudkan tata kelola Pemerintahan yang baik dan bersih.
"Penataan pengelolaan barang dan jasa yang baik sudah dilaksanakan semaksimal mungkin oleh Pemerintah melalui sidang majelis pertimbangan tuntutan ganti rugi, banyak hal yang masih harus dilakukan tetapi Pemerintah Kota Bitung akan terus melakukan pembenahan dan perbaikan untuk kedepannya." pungkas Hanny Sondakh.

Sondakh hadiri Acara Buka Puasa Bersama Polres Bitung



(19/07) Bertempat di rumah dinas Kapolres Bitung, Walikota Bitung Hanny Sondakh menghadiri acara buka puasa bersama yang diadakan oleh Polres Bitung.
Dalam sambutannya Sondakh berharap kepada segenap umat muslim yang ada didalam keluarga Polres Bitung serta yang ada di Kota Bitung untuk dapat menjadikan momentum ibadah puasa sebagai wahana pengendalian diri dan peningkatan kesadaran spiritual tentang makna kehadiran setiap pribadi dalam hidup berkeluarga di lingkungan pekerjaan dan bermasyarakat agar mampu menjadi manusia yang arif dan bermanfaat bagi sesama.
Sondakh juga mengajak seluruh masyarakat Kota Bitung untuk terus menjunjung tinggi nilai persatuan dan kesatuan sehingga semua program pembangunan dapat dilaksanakan secara berkesinambungan untuk mengisi lembaran pembangunan bangsa dan membawa perubahan terhadap taraf hidup masyarakat yang semakin baik.
Secara khusus kepada keluarga besar Polres Bitung, Sondakh berharap lewat momentum ibadah puasa ini akan lebih meningkatkan semangat bekerja dan mengabdi yang dimiliki segenap unsur Polres Bitung untuk tetap termotivasi memberikan yang terbaik dalam pelayanan kepada masyarakat.
Menanggapi isu-isu profokativ yang beredar lewat sms maupun bbm Sondakh mengingatkan segenap masyarakat Kota Bitung untuk tidak terpengaruh dan tetap bersikap bijaksana serta tetap bergandengan tangan dalam menjaga kerukunan umat beragama di Kota Bitung.
Acara buka puasa yang mengambil tema "Kita Ciptakan Kerukunan Antar Umat Beragama Guna Terwujudnya Keamanan dan Ketertiban Masyarakat Kota Bitung" ini dihadiri oleh unsur DPRD Kota Bitung, pejabat Sipil, TNI dan Polri, Kakandepag Kota Bitung, pemuka agama dan tokoh-tokoh masyarakat, FKUB Kota Bitung, unsur LSM, serta undangan.

Sarundajang Gelar Safari Ramadhan di Kota Bitung


Seperti Tahun Sebelumnya Safari Ramadhan Provinsi Sulut Rutin digelar diberbagai Kabupaten Kota di Sulut. Kali ini Gubernur Dr. S. H. Sarundajang bersama rombongan FKPD dan Pejabat Provinsi Sulut mengadakan buka Puasa bersama di Kota Bitung bertempat Masjid Alfalah Dodik secata B Kecamatan Girian Kota Bitung. Sabtu 20/7.
Sebelum Melaksanakan Buka Puasa Bersama, diawali dengan pembacan Al-Quran dan dilanjutkan dengan Ceramah Ramadhan yang dibawakan Ustad Umar Maliki yang mengambil tema tentang Ajaran Ibadah Puasa dan hikmah Kepedulian, kepekaan Sosial  Berpuasa yang wajib dilakukan kaum muslim.
saat menunggu Sholat Magrib, dilakukan doa pengantar buka puasa yang dipimpin Hj. Nurdin Muliana, setelah itu dilanjutkan dengan Sambutan Gubernur Sulut Dr. S. H. Sarundajang yang diawali dengan ucapan Selamat Berpuasa Bagi Seluruh Masyarakat Muslim di Kota Bitung , dan mengajak umat Muslim untuk menyambut Ramadhan dengan penuh suka cita dan rasa syukur.
Sarundajang juga menyampaikan bahwa dalam melaksanakan puasa Ramadhan harus berdasarkan keimanan dan bersungguh-sungguh, sebab Berpuasa yang terbaik dibutuhkan suatu, keiklasan, kejujuran serta kesabaran yang kesemuanya ditentukan oleh “Niat” Seseorang melalui Hati dan Amar Perbuatannya.
Gubernur juga meminta kepada Tokoh Agama dan Tokoh masyarakat untuk menciptakan kestabilan di Kota Bitung dengan terus menjaga kerukunan dan menjalin keharmonisan melalui pembinan kepada masyrakat secara baik.
Gubernur juga mengungkapkan rasa salut Atas Kepemimpinan Walikota Bitung Hanny sondakh yang selalu berupaya memberikan yang terbaik bagi kemajuan Kota Bitung, untuk itu diminta masyarakat Kota Bitung untuk terus mendukung berbagai program perencanaan pembangunan melalui mega Proyek yang akan dibangun di Kota Bitung seperti Pengembangan Pelabuhan Internasional, Kek dan Jalan Tol.
Seusai sambutan Gubernur Sulut Didampingi Walikota Bitung dan Wakil Walikota Bitung menyerahkan Bingkisan dari Pemerintah Provinsi Sulut berupa Beras, Bibit jagung, Pupuk dan Gula pasir serta Kitab Al-Quran kepada Jemaah Masjid Alfalah, dan Pemerintah Kota Bitung menyumbangkan 1 Ton Beras.
Hadir Dalam Kesempatan ini Wakil Walikota Bitung M.J Lomban didampingi Ny Khouni Lomban-Rawung, MSi, Sekretaris Daerah Kota Bitung Drs. Edison Humiang didampingi Ny. Telly Humiang-Muhaling, Para petinggi FKPD Kota Bitung serta Para Pejabat PemKot Bitung, dan Tokoh Agama/Masyarakat , Jemaah Masjid Alfalah, Jajaran Dodik Secata B serta Masyarakat Muslim Kota Bitung.

Asosiasi P3S Dikukuhkan



Pelantikan dan pengukuhan pngurus Asosiasi Pedagang Pasar Pinasungkulan Sagrat ( P3S )  oleh Asisten I Pemerintah Kota Bitung di Pasar Pinasungkulan Sagrat 19/07
Program pemerintah kota Bitung setiap Jumat di pasar Pinasungkulan berupa bersih- bersih lingkungan dan olahraga bersama di rangkaikan dengan Pengukuhan Pengurus P3S yang dihadiri oleh Assiten I Fabian Kaloh, Asisten II  Dahlian Kaeng dan sejumlah Kepala SKPD, Assiten I dalam sambutannya menuturkan Pembentukan asosiasi P3S, akan  sangat menentukan bagi perjalanan asosiasi ini kedepan," Pembentukan Asosiasi  P3S menjadi batu loncatan yang sangat menentukan bagi perjalanan kedepan asosiasi P3S untuk terus memperjuangkan kepentingan anggota dalam menyiasati dan menyikapi dinamika global yang sangat sarat dengan berbagai peluang sekaligus tantangan," tutur Kaloh, maka dipundak pengurus asosiasi yang baru terbentuk ini terbentang tugas dan tanggung jawab yang tidak ringan dan diperlukan kesungguhan , keseriusan dan kesabaran dari segenap keluarga besar pengurus asosiasi P3S dalam menemukan solusi terbaik bagi setiap permasalahan yang ada.
Kaloh dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa Pemerintah kota Bitung  tetap menyatakan dukungan dan akan memposisikan diri sebagai fasilitator untuk mendukung program dan kegiatan asosiasi P3S,"Jadilah mitra andalan pemerintah, untuk secara bersama - sama mewujudkan suatu sinergitas yang saling menguntungkan dalam memacu proses pembangunan dikota Bitung," harap Kaloh dengan tentunya pengurus yang terbentuk  kiranya mampu menciptakan kesamaan pola pikir dan pengertian yang lebih luas dalam memahami pembangunan perekonomian kerakyatan.
Pengurus yang dilantik ketua Fentje Barautu, Sekretaris Heni Sasikome dan Bendahara Djafar Datau.

Pemkot Bitung Gelar Sidang Perdana Majelis Pertimbangan TP – TGR


(19/07) Bertempat di ruang sidang Kantor Walikota Bitung, Pemerintah Kota Bitung menggelar sidang perdana majelis pertimbangan TP-TGR Tahun 2013. Walikota Bitung Hanny Sondakh dalam sambutannya menjelaskan perlunya pelaksanaan sidang ini untuk mewujudkan sistem pengelolaan keuangan dan barang yang lebih berkualitas dan bermanfaat guna mengantisipasi terjadinya kasus - kasus penyalahgunaan wewenang baik pejabat kepala SKPD maupun staf yang berdampak pada kerugian negara serta berharap agar majelis pertimbangan TP-TGR dapat melaksanakan setiap tugasnya secara efektif dan profesional.
Sidang yang dipimpin ketua MP TP-TGR Edison Humiang SE, M.Si kemudian memanggil beberapa PNS untuk dimintai keterangan berdasarkan hasil pemeriksaan Inspektorat beberapa waktu lalu. MP TP-TGR kali ini memutuskan ada beberapa PNS yang harus mengembalikan uang baik secara tunai maupun mencicil disesuaikan dengan kemampuan PNS yang bersangkutan, hal ini berdasarkan mekanisme penyelesaian kerugian daerah Majelis Pertimbangan TP-TGR yang sudah ditetapkan.
Sidang ini dihadiri oleh seluruh kepala SKPD maupun perwakilan dan disaksikan langsung Walikota Bitung Hanny Sondakh.

Kamis, 18 Juli 2013

Program PMI Kota Bitung, Papusungan Miliki Peta Rawan Bencana


Buah hasil program PMI Kota Bitung, PMI Propinsi bekerja sama dengan PMI Denmark berupa pelatihan relawan  Siaga bencana , telah menghasilkan peta rawan bencana kelurahan Papusungan.
Struktur daerah Pulau Lembeh yang dominan masyarakatnya berada di bantaran perbukitan dan pesisir pantai mengharuskan kesiagaan dari setiap elemen masyarakat, PMI Kota Bitung dan Propinsi Melalui Program kerja sama Dengan PMI Denmark telah melatih tenaga siaga bencana di pulau Lembeh dengan program utama berupa penyiapan Peta Rawan Bencana ( PRB ), hal ini dilakukan menurut ketua PMI Kota Bitung Dra. Khouni Lomban Rawung, Msi agar masyarakat mengetahui langkah – langkah apa yang akan dilakukan,” melalui SIBAT program untuk masyarakat telah berhasil dibuat peta rawan bencana sehingga kita akan tahu dimana lokasi lokasi rawan bencana,” tutur Rawung, ketua PMI Kota Bitung juga berterima kasih kepada semua elemen masyarakat yang telah bersama - sama sehingga PRB dapat dihasilkan, sembari  tentunya memohon kepada Tuhan agar kita di jauhkan dari bencana.
PMI melalui TIM Siaga Bencana ( SIBAT ) menyampaikan sejumlah lokasi rawan bencana di Kelurahan Papusungan, dengan tiga kerawanan yakni Banjir, Longsor dan Abrasi, untuk itu warga diharapkan dapat memperhatikan tanda2 melalui peta yang ada.
Wakil Walikota Bitung menyampaikan bahwa dengan adanya PRB kita semua dapat mengetahui langkah apa yang akan diambil terkait banjir, longsor dan abrasi juga mengetahui dimana lokasi evakuasi ketika terjadi bencana, “peta yang telah dibuat oleh tenaga relawan,kiranya juga akan ada tindak lanjut dari masyarakat ketika musin hujan menghindari lokasi rawan bencana, ”tutur Lomban, ditambahkannya juga bahwa berdasarkan laporan dari tim siaga bencana sejumlah lokasi rawan abrasi dan longsor  nantinya akan ditindak lanjuti oleh dinas terkait seperti badan penanggulangan bencana daerah dan pekerjaan umum.
Sembari Berharap kedepan di semua Kelurahan akan ada PRB dan tenaga relawan bencana,” Berharap kedepan akan ada 69 peta rawan bencana di kota Bitung, selain itu kedepan  minimal setiap kelurahan akan dilatih 20 tenaga relawan bencana,” pungkas Lomban.
Acara PMI kota Bitung berupa sosialisasi, penyerahan peta rawan bencana ke kelurahan Papusungan dan donor darah dihadiri Oleh ketua PMI Bitung Dra.Khouni Lomban Rawung dan Wakil Walikota Bitung M. J. Lomban beserta sejumlah kepala dinas terkait, Pengurus PMI kota Bitung dan Kecamatan, bersama tokoh masyarakat dan tokoh adat kecamatan Lembeh Selatan,

Lomban Pimpin Rapat Evaluasi PBB-P2 dan PAD


Rapat Evaluasi PBB-P2 dan PAD dipimpin langsung Wakil Walikota Bitung M.J Lomban bertempat Gedung BPU Kantor Walikota Bitung Rabu.17/7.
Rapat diawali dengan Penyampaian Laporan Kepala Dinas Pendapatan Daerah Kota Bitung Olga Makarau, SE.  bahwa rapat evalauiasi yang diadakan setiap Bulan bertujuan untuk mengidentifikasi permasalahan yang terjadi dilapangan dalam rangka pencapaian target mengenai PBB-P2 dan capaian Retribusi di masing-masing SKPD sekaligus memaparkan mengenai total realisasi pencapaian PBB-P2 yang hingga saat ini mencapai 1.917.137.734 (19.55 %) dan capaian PAD sebesar 22.451.386.535.00. (54.96%).
Adapun target realisasi pencapaian PAD hingga saat ini terdiri dari Pajak Daerah yang sudah mencapai 77.51%, Retribusi Daerah 37.76% dan Hasil Pengelolaan Daerah yang dipisahkan telah mencapai 45.20%.
Lomban dalam penyampaian dan arahannya meminta kepada SKPD Terkait dan Para Camat serta Lurah untuk lebih meningkatkan kinerja dan lebih jelih dalam upaya pencapaian target PBB dan PAD serta menghimbau bagi SPPT yang masih bermasalah untuk segera mangadakan rapat evaluasi secepatnya bersama unsur terkait dan hasil kesimpulan rapat langsung dilaporkan kepada Dispenda guna mempercepat target yang akan dicapai.
Ditambahkan juga untuk menambah kontribusi PAD di Kota Bitung Lomban menganjurkan bagi pemilik kendaraan yang berasal dari luar daerah untuk memutasi kendaraannya ke Kota Bitung.
Pada Kesempatan ini Lomban juga memberi hadiah bagi SKPD dan Kelurahan yang sudah mencapai target 100% hingga saat ini untuk mengadakan Studi Banding ke Kota Surabaya..
Kabid PBB-P2 Dispenda Johan R. Pratasis, Juga Menambahkan bahwa SKPD dan Keluarhan yang telah mencapai Target PBB dan PAD 100% adalah sbb:
1.       Dinas Infokom Kota Bitung
2.       Kelurahan Sagerat Weru Dua Kecamatan Matuari
3.       Kelurahan Batu kota Kecamatan Lembeh Utara
4.       Kelurahan Lirang Kecamatan Lembeh Utara
5.       Kelurahan Posokan Kecamatan Lembeh Utara
6.       Kelurahan Binuang Kecamatan Lembeh Utara
7.       Kelurahan Kelapa Dua Kecamatan Lembeh Selatan
8.       Kelurahan Dorbolaang Kecamatan Lembeh Selatan

Walikota Himbau Perusahaan H-7 THR Sudah Dibayarkan


Walikota  Bitung Hanny Sondakh menghimbau kepada para perusahaan untuk membayar Tunjangan Hari Raya (THR) kepada para karyawannya paling lambat tujuh hari sebelum Lebaran (H-7).
Membantu para pekerja untuk menyiapkan semua kebutuhannya pada hari raya, Walikota Bitung mengingatkan kepada semua perusahaan yang ada diwilayah kota bitung untuk membayar THR Sesuai dengan Permenaker nomor 04 tahun 1994 tentang Tunjangan Hari Raya ( THR ) keagamaan," Setiap perusahaan diingatkan untuk membayar THR 7 Hari sebelum hari raya ,sesuai dengan aturan yang ada" ujar Sondakh,  Tunjangan Hari Raya Keagamaan adalah pendapatan pekerja yang wajib dibayarkan oleh pengusaha kepada pekerja atau keluarganya menjelang hari raya keagamaan
Jika ada perusahaan yang tidak mengindakan akan aturan yang ada para karyawan dapat langsung ke Disnakertrans ," kalau ada perusahaan yang tidak mengindahkan aturan tersebut silahkan laporkan kedinas terkait. untuk ditindaklanjuti laporan tersebut,” pungkas Sondakh

Ranperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2012 Di Terima Dewan Menjadi Perda



Rancangan peraturan daerah tentang pertanggungjawaban pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah ( APBD ) tahun 2012 di paripurnakan dewan untuk menjadi peraturan daerah 16/07 digedung DPRD Kota Butung.
Rapat paripurna yang dipimpin oleh wakil ketua DPRD Ir. Maurits Mantiri dihadiri 18 Anggota Dewan, Walikota Bitung Hanny Sondakh, Wakil Walikota Bitung M. J. Lomban, Sekretaris Kota Bitung para kepala SKPD  dan para pejabat isntansi vertikal.
Dalam Laporan gabungan komisi semua fraksi menerima ranperda pertanggungjawaban pelaksanaan APBD 2012 untuk menjadi perda , selanjutnya persetujuan dewan dituangkan dalam berita acara persetujuan bersama Walikota Bitung dan DPRD kota Bitung tentang persetujuan ranperda pertanggungjawaban pelaksanaan APBD 2012.
Walikota Bitung dalam sambutannya menyampaikan bahwa penyelenggaraan pemerintahan dari waktu ke waktu semakin menuntut tanggung jawab yang lebih besar dari jajaran aparatur," sejalan dengan perkembangan kemajuan dan aspirasi masyarakat serta kebutuhan dan harapan - harapannya untuk selalu diperhatikan dan terefleksi dalam kebijakan pemerintah," tutur Sondakh, pada intinya setiap aparatur harus memahami dan mampu membangun akuntabilitas,dengan membangun akuntabilitas, bias - bias birokrasi akan dapat dihidari,"
Walikota juga menambahkan bahwa dengan kajian yang telah dilakukan melalui mekanisme pembahasan dewan yang kemudian ditindaklanjuti dengan pembahasan oleh komisi -  komisi dalam rangka pengkajian lebih mendalam atas ranperda membuktikan bahwa pihak legislatif sangat peduli untuk menghasilkan produk hukum yang berkualitas, " Dari lubuk hati yang paling dalam saya menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada pimpinan dan anggota DPRD kota Bitung bersama - sama jajaran eksekutif yang telah berupaya merampungkan rancangan peraturan daerah ini,"tutur Sondakh.

Sondakh Buka Puasa Bersama di Masjid Al` Amin.


Melalui Safari Ramadhan Pemerintah Kota Bitung Pada Hari ke 6 Bulan Puasa, Walikota Bitung Hanny Sondakh mengadakan Buka Puasa Bersama Seluruh Jemaah dan Masyarakat Muslim bertempat Masjid Al Amin Kelurahan Kadoodan Lingkungan I Kecamatan Madidir. senin,15/7.

Kedatangan Sondakh diawali dengan pemantauan Gedung Masjid dan dilanjutkan dengan ibadah Buka Puasa yang menghadirkan penceramah kepala kantor kementerian Agama Kota Bitung Drs. Hi Ulys Taha, MPd,  yang mengambil tema pemahaman sebuah bentuk Kasih Sayang terhadap sesama melalui persaudaraan dan persatuan, dan dilanjutkan dengan doa Pengantar Buka Puasa Yang dipimpin Imam Masjid Hi Ibrahim Langkau.

Dalam sambutan Sondakh mengajak Umat Muslim untuk Wajib memaknai momentum Bulan puasa melalui pemahaman pengendalian diri dan peningkatan iman kesadaran yaitu dengan melatih diri untuk jujur terhadap diri sendiri dan tantangan emosi yang bertujuan memperteguh suatu komitmen moral yang kuat sehingga menjadi pribadi yang religius juga unggul dan nantinya akan bermanfaat bagi banyak orang.

Diakhir sambutan Sondakh Menyumbangkan Material secara Pribadi atas nama Keluarga Sondakh Taroreh serta Memberikan paket Bantuan Pemerintah Kota Bitung secara Simbolis kepada jemaah Masjid Al Amin Berupa 1 ton beras.

pemberian bantuan disaksikan sekretaris daerah kota Bitung Drs. Edison Humiang,Msi, FKPD Kota Bitung, dan Para Pejabat Pemkot Bitung serta Seluruh undangan dan masyarakat yang hadir.

Senin, 15 Juli 2013

Sondakh Terima Kunjungan Kerja Kapolda Sulut


(15/07) Bertempat di Ruang Kerja Kapolres Bitung, Walikota Bitung Hanny Sondakh didampingi Kapolres Bitung AKBP Harvin Raslin menerima kunjungan Kapolda Sulut  Brigjen Pol. Drs. Robby Kaligis. Dalam pertemuan yang penuh keakraban Kaligis menjelaskan tujuan kunjungan kerjanya kali ini adalah untuk tetap berkoordinasi dengan Kapolres Bitung serta Pemerintah Kota Bitung dalam rangka kesiapan Provinsi Sulawesi Utara terlebih khusus Kota Bitung dalam menyambut Pemilihan Umum di tahun 2014, pemantapan operasi tertib berlalu-lintas Patuh Tarsius 2013, serta operasi keamanan ketertiban selama bulan suci ramadhan.
Hal lain yang menjadi topik diskusi adalah tentang program Safari Ramdhan dari Pemerintah Kota Bitung yang akan melibatkan TNI/ Polri, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat di delapan Kecamatan, serta rencana pembatasan jam operasi tempat-tempat hiburan malam sebagai bentuk kepedulian Pemerintah Kota Bitung dalam menjaga keamanan dan ketertiban khususnya di bulan Ramadhan.
Sondakh berjanji Pemerintah Kota Bitung akan terus bersinergi dengan pihak Kepolisian Polresta Bitung serta akan tetap mendukung program-program Kepolisian dalam rangka peningkatan ketertiban dan keamanan Kota Bitung. "Menjaga ketertiban dan keamanan lingkungan harus menjadi komitmen semua pihak yaitu baik pemerintah, kepolisian/TNI dan masyarakat, untuk itu mari bersama-sama kita jaga stabilitas Kota Bitung dengan terus mendukung program-program kepolisian yang salah satunya adalah program anti mabuk Brenti Joh Bagate." pungkas Sondakh.

Lomban Pimpin Rapat Evaluasi RKPD Tahun 2013


Bertempat di Balai Pertemuan Umum Kantor Walikota Bitung, Wakil Walikota Bitung M. J. Lomban menggelar rapat evaluasi RKPD Tahun 2013 (17/07). Didampingi Kepala Bappeda Kota Bitung Drs. Audy Pangemanan 

Optimalisasi evaluasi pelaksanaan rencana kerja pemerintah daerah  RKPD tahun 2013 , digelar rapat evaluasi , dalam rapat tersebut disampaikan SKPD  yang telah memasukan laporan evaluasi RKPD triwulan I dan SKPD yang sampai pada saat pelaksanaan rapat belum memasukan laporan evaluasi RKPD triwulan I dan II, Kesempatan tersebut Wakil Walikota Bitung menegaskan kepada semua SKPD agar segera memasukan laporan evaluasi RKPD, "
Komitmen bersama  agar seluruh SKPD secepatnya memasukan laporan Evaluasi RKPD dari masing - masing SKPD," tutur Lomban, yang disepakati seluruh peserta untuk segera memasukan laporan SKPD sampai triwulan ke II ke Bappeda kota Bitung untuk menjadi bahan laporan evaluasi RKPD Kota Bitung ke Bappeda Propinsi.
Ditambahkan Lomban jika SKPD mengalami kendala dalam pengisisan format laporan, untuk langsung ke Bappeda," Jika Mengalami Kendala Khususnya dalam pengisian format, agar segera berkoordinasi dengan Bappeda ," Tungkas Lomban.

Safari Ramadhan Pemkot Bitung


Pemerintah kota Bitung menggelar safari ramadhan di 7 kecamatan di kota Bitung secara serentak 12/07, wakil walikota Bitung mengunjungi mesjid Al Muhajirin kelurahan Bitung Barat II lingkungan II kecamatan Maesa

Safari ramadhan pemerintah kota Bitung , di Mesjid Al Muhajirin dihadiri oleh wakil walikota Bitung M. J. Lomban, unsur forkompimda, kepala kantor kementrian Agama Kota Bitung Drs. Hi Ulys Taha, MPd, badan Ta'Mirul masjid Abdul Hamid Suma, imam masjid Al Muhajirin Manang Parimalang, kepala Madrasah Ibjidaiah Negeri  ( MIN ) Bitung Ust Darto Katijoh serta pengurus FKUB, para pemuka agama, tokoh masyarakat dan tokoh adat  diawali dengan pembacaan Kalam Ilahi, selanjutnya Tausiah Ramadhan oleh Kepala MIN.
Wakil Walikota Bitung dalam sambutannya menuturkan bahwa sejatinya Ibadah puasa merupakan momentum untuk pengendalian diri, dan peningkatan kesadaran spiritual tentang makna kehadiran setiap pribadi dalam hidup berkeluarga, berjamaah dan bermasyarakat agar mampu menjadi manusia yang arif dan bermanfaat bagi sesama, " Saya percaya dengan menunaikan ibadah puasa ini maka karakter umat terus terbentuk sehingga mampu menjadi teladan dalam setiap pola pikir dan pola tindak ditengah - tengah kemajemukan masyarakat yang ada dalam tatanan hidup yang rukun dan damai," tutur Lomban, serta selalu menjaga tali silahturahmi dengan pemerintah dalam upaya bersinergi untuk membangun kota Bitung tercinta.
Sambil mengutip sebuah buka mengenai  3 ciri manusia yang dirindukan sorga ," Pertama manusia yang menjalankan puasa,  kedua orang yang dirindukan surga orang yang menjaga lidahnya untuk tidak mengatakan yang tidak baik dan terakhir orang yang mau memberi atau bersedekah," papar Lomban.
Kepala Kantor Kementrian Agama kota Bitung dalam kesempatan yang sama menyampaikan bahwa orang yang berpuasa akan nampak juga dalam kehidupan sosialnya," Kita berpuasa ada dampak sosial, kita memberi pada puasa akan dikembalikan 70 kali," tutur Taha, sembari menghimbau seluruh jemaah yang hadir untuk meningkatkan kerukunan antar umat beragama," Kita aman, pembangunan dapat berjalan dengan baik, kita rukun baku sayang karena torang samua basudara," Tukas Taha.
Dalam acara safari ramadhan Wakil Walikota menyerahkan secara simbolis bantuan 1 Ton beras kepada jemaah mesjid Al Muhajirin.

Kamis, 11 Juli 2013

Lomban Gelar Rapat Pertemuan TKPKD


Upaya pemerintah kota Bitung menekan angka kemiskinan semakin gencar dilakukan, hal ini sebagaimana ditegaskan Wakil Walikota M.J.Lomban.SE.MSi  yang juga sebagai ketua Tim Koordinasi Penaggulan Kemiskinan Daerah (TKPKAD) saat memimpin rapat evaluasi bersama sejumlah kepala SKPD terkait, bertempat Ruang Rapat Wakil Walikota Bitung. 11/7.
Rapat kali ini merupakan pertemuan yang ke tiga kali, dalam rangka memantapkan Percepatan program kerja yang lebih efektif. Lomban menegaskan bahwa upaya penangulangan kemiskinan terutama bagi Rumah Tangga sangat Miskin Kota Bitung yang berjumlah 2891 KK yang menjadi skala prioritas pemerintah kota Bitung di Tahun 2013, sehingga target 2015 nanti Kota Bitung sudah terbebas dari Kemiskinan.
Rapat ini juga membahas mengenai penentasan kemiskinan bagi siswa sekolah tentang Pembuatan petunjuk pelaksanaan penjabaran bagi Siswa miskin, melalui Dinas pendidikan dan olahraga Kota Bitung.
adapun pembahasan saat ini yaitu membagi kesimpulan dan berbagai strategi yang telah dipersiapkan secara matang oleh Tim, dalam upaya percepatan program penuntasan Kemiskinan memlaui pengembangan sistem serta mekanisme dan prosedur program, dari segi keterpaduan dalam Bidang Perencanaan dan Pengawasan. Adapun hal lain yang dibahas yaitu hasil kunjungan M.J Lomban di Kota Semarang pada Waktu Lalu tentang pengelolaan keuangan, yang nantinya hasil pembahasan akan diterapkan di Pemerintah Kota Bitung. Dan evaluasi berikutnya akan digelar pada akhir Bulan Juli dan Agustus Nanti. Tambah" Sekretaris TKPKD Drs. Audy Pangemanan, AP, M.Si.

Pemkot dan DPRD Kota Bitung Sepakati 2 Ranperda




Dalam Rangka menindaklanjuti pembicaraan Tingkat II terhadap dua buah Ranperda yaitu tentang Retribusi Perpanjangan Ijin mempekerjakan tenaga kerja Asing dan Ranperda tentang Kawasan Tanpa Rokok melalui rapat Paripurna yang digelar di Kantor DPRD Kota Bitung. Rabu 0/7. Dan dipimpin dipimpin Wakil Ketua DPRD Kota Bitung Ir Maurits Mantiri
Rapat Paripuran ini Menghasilkan kesepakatan antara pihak pemerintah Kota Bitung dan seluruh Fraksi DPRD Kota Bitung melalui penandatanganan bersama surat keputusan, yang disaksikan Sekretaris Kota Bitung, FKPD, Seluruh Pejabat Pemkot Bitung, BUMN dan undangan yang hadir.
Tanggapan Walikota Bitung melalui Wakil Walikota Bitung MJ Lomban menjelasakan bahwa Retribusi Mempekerjakan tenaga kerja Asing merupakan pengalihan kewenangan, yang sebelumnya merupakan PNBP (penerima Negara Bukan Pajak) namun dengan terbitnya Permen No 97 tahun 2012 tentang retribusi pengendalian lalu lintas dan perpanjangan ijin mempekerjakan tenaga kerja asing maka Daerah diberi kewenangan untuk memungut retribusi perpanjangan IMTA sebagai retribusi Daerah, dan tarif retribusi perpanjangan IMTA ditetapkan berdasarkan tingkat pengguna jasa dan tidak melebihi tarif PNPB yang berlaku pada Kementerian di Bidang Ketenaga Kerjaan Yaitu sebesar USD 100/orang/Bulan.
Selanjutnya tentang ranperda Kawasan Tanpa Rokok merupakan Perintah UU Nomor 36 Tahun 2009 tentang kesehatan dimana pasal 115 ayat (2) menyebutkan bahwa Pemerfintah Daerah Wajib Menetapkan kawasan tersebut di Wilayahnya melalui Ranperda.
Hal-hal pokok yang diatur adalah Pelarangan Merokok, Memproduksi, Menjual, mengiklankan atau mepromosikan produk dikawsan yang ditetapkan sebagai kawsan tanpa rokok, seperti tempat pelayanan kesehatan, tempat belajar atau pendidikan, tempat bermain anak dan tempat ibadah serta kawsan umum tertentu lainya.
Sementara ini pemerintah masih mengkaji tempat-tempat yang akan dijadikan kawasan khusus bagi perokok melalui koordinasi dengan dinas kesehatan mengenai penataan dan penempatan Smoking Area.  Dan bagi pengelola, pimpinan atau penanggungjawab KTR yang melanggar ketentuan Perda akan dikenakan sanksi palaing banyak 1 juta Rupiah, sedangkan bagi perorangan diminta denda 100 ribu Rupiah.

Humiang Tegaskan Tidak Ada Pungli Pada Seleksi Honorer K2


(10/07) Pemerintah Kota Bitung menegaskan tidak ada pungutan pada seleksi honorer K2 menjadi calon pegawai negeri sipil, hal ini dikatakan Sekretaris Daerah Kota Bitung Drs, Edison Humiang, M.Si pada kegiatan sosialisasi tahapan teknis yang dihadiri 139 tenaga honorer K2 se-Kota Bitung.
Humiang menegaskan bahwa dari pihak Pemerintah Kota Bitung tidak akan membebani peserta seleksi dengan biaya administrasi apapun namun hanya meminta semua persyaratan dokumen dilengkapi oleh peserta.
Humiang mengingatkan  apabila ada pihak-pihak yang mencoba mengambil keuntungan dari proses tahapan seleksi ini sekiranya dapat melaporkan kepada Badan Kepegawaian Daerah, Pendidikan dan Pelatihan Kota Bitung selaku penyelenggara seleksi honorer K2 ini serta menghimbau kepada peserta untuk dapat bersikap bijaksana dengan tidak tertipu oleh oknum-oknum yang sering mengatasnamakan pihak BKD-PP Kota Bitung atau orang dekat Pejabat Pemkot Bitung. Humiang juga menginstruksikan kepada Badan Kepegawaian Daerah, Pendidikan dan Pelatih  Kota Bitung untuk bersedia memberikan informasi seluas-luasnya mengenai tahapan teknis seleksi honorer K2 menjadi CPNS sehingga kesalahan-kesalahan berkas dan administrasi dapat diminimalisir.
"Mari kita sukseskan seleksi honorer K2 ini dan saya ingatkan apabila ditemukan ada oknum-oknum calo atau PNS sekalipun yang mencoba mengambil keuntungan dari proses seleksi ini maka pihak Pemerintah Kota Bitung akan menindak secara tegas dan tidak segan untuk memberikan sangsi apabila pelakunya adalah seorang PNS." pungkas Humiang.

Selasa, 09 Juli 2013

Lomban Tutup Diklat PIM IV


Peningkatan Pengetahuan, Ketrampilan Dan Sikap Menjadi Harapan

Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan tingkat IV angkatan III di Lingkunngan pemerintah Kota Bitung,sebagai upaya peningkatan sikap dan semangat pengabdian, Kopetensi Tekniks, kepemimpinan serta efisiensi, efektifitas dan kualitas pelaksanaan tugas ditutup kemarin 09/07.dihadiri oleh Sekretaris Kota Bitung Edison Humiang, Badan Diklat Propinsi. Widyaiswara dan Kepala Dinas Badan,
Pegawai Negeri Sipil sebagai unsur utama sumber daya manusia Aparatur Negera  mempunyai peran yang menentukan keberhasilan penyeleggaraan pemerintahan dan pembangunan untuk itu Wakil Walikota BItung M.J. Lomban Berharap kepada semua peserta yang telah selesai mengikuti Diklat agar mampu menjadi cermin disemua medan lingkungan," Selesai Pelaksanaan diklat ini diharapkan semua peserta akan ada perubahan signifikan  dari sebelum diklat dan setelah diklat ketika kembali dilingkungan pekerjaan maupun dimasyarakat," tutur Lomban, dalam artian menunjukkan kemampuan pengetahuan, ketrampilan dan sikap serta para peserta dapat mengiplementasikan etika birokrasi dalam lingkungan kerjanya, dengan menerapkan prinsip - prinsip keindahan, persamaan, kebaikan, keadilan, kebebasan dan kebenaran.
Diklat PIM IV yang dilaksanakan selama 6 Minggu sejak tangal 31 Mei sampai dengan  09 JUli 2013 diikuti oleh 40 orang peserta dengan tema Optimalisasi pelayanan prima melalui peningkatan kopetensi aparatur dengan berbasis pada kebutuhan lokal, menurut kepala KBD-PP Kota Bitung Ferdinand Tangkudung, SIP, MSi bahwa pemeilihan tema ini dilatar belakangi oleh tantangan yang harus dihadapi,disikapi untuk mendapatkan terobosan solusi yang berpengaruh terhadap fundamental kehidupan sosial, ekonomi, politik masyarakat dan negara," Melalui tema ini para peserta telah memberikan kontribusi terbaiknya, baik dalam menyingkapi perkembangan lingkungan strategis, maupun dalam memberikan policy advice sebagai produk kelas dalam bentuk kertas kerja kelompok dan kertas kerja angkatan,"papar Tangkudung, kegiatan penjabaran tema ini disampaikan melalui pembelajaran konseptual dan praktis.
Sembari berterima kasih kepada semua pihak yang berkontribusi terhadap lancarnya penyelenggraaan diklat PIM IV angkatan ke III tahun 2013

Sondakh buka Rapat Tripartit Kota Bitung



Bertempat Ruang Sidang Lantai 4 Kantor Walikota Bitung. Selasa 9/7 Hanny Sondakh. Buka Rapat yang diadakan Dinas Tenaga Kerja Kota Bitung Bersama Lembaga Kerjasama Tripartit Kota Bitung.
Rapat yang membahas tentang Evaluasi hasil rabat bulan juni lalu yakni penyusunan program anggaran rumatangga serta perampungan penyusunan program kerja untuk diusulkan dalam perubahan APBD Di Dinas Tenaga Kerja Kota Bitung, Dihadiri unsur pengusaha dan pekerja dan seluruh anggota Tripartit.
Walikota Bitung Hanny Sondakh yang juga Ketua Tripartit Kota Bitung mengimbau Tugas dan fungsi LKS Tripartit merupakan sarana komunikasi, konsultasi dan musyawara dalam mengatasi ketenagakerjaan demi kesejahteraan masyarakat, pengusaha dan pekerja.
Untuk itu para pengurus Trpartit harus bijaksana mencari jalan keluar yang terbaik tentunya dalam mengatasi segala permasalahan ketenagakerjaan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Dan Diminta juga kepada pihak pengusaha untuk memperhatikan upah minimum sesuai ketentuan yang berlaku.
Menurutnya demi menghindari permasalahan dan kekeliruan yang akan terjadi dikemudian nanti, semua kegiatan Buruh, pihak pekerja dan perusahaan harus berkoordinasi dengan baik bersama pihak pemerintah, melalui pembicaraan, pengkajian dan harus dirundingkan secara baika-baik.
Turut mendapingi Sondakh dalam rapat, Wakil Ketua Triparti yang juga Kadis Tenaga Kerja Kota Bitung Oktavianus Kandoli, SSos, Msi, Kabag Hukum Wens Luntungan, SH serta Wakil Ketua Tripartit dari unsur pekerja Rusdyanto Makahinda.

Senin, 08 Juli 2013

Bulan Suci Ramadhan Warga Dihimbau Menghormati Yang Berpuasa

Dalam rangka menghadapi Bulan Puasa dan Idul Fitri 1 Syawal 1434 H, Pemerintah Kota Bitung menghimbau kepada masyarakat untuk menghormati warga yang berpuasa," Dihimbau kepada warga masyarakat yang berada di wilayah Kota Bitung menghormati bagi warga muslim yang sementara menjalankan puasa," tutur Sekretaris Kota Bitung Drs. Edison Humiang, ditambahkannya juga bahwa selama bulan puasa tempat hiburan Pub, Cafe/Karaoke dibatasi, bahkan satu hari  sebelum dan sesudah Idul Fitri dapat menghentikan oprasional," Selama bulan puasa tempat hiburan seperti pub,cafe/karaoke yang berada di wilayah kota Bitung di batasi Waktu Operasional dari pukul 20.30 Wita sampai dengan 24.00 Wita,selanjutnya satu hari menjelang idul fitri dan satu hari sesudah idul fitri kegiatan pub, cafe/karaoke dihentikan," tukas Humiang, sembari berharap agar warga  yang tak berpuasa menghargai dan menghormati mereka yang menunaikan kewajiban dan ibadah lainnya di bulan Ramadhan

Minggu, 07 Juli 2013

Lomban Studi Banding di Semarang


Pemerintah kota Bitung pada hari kamis 4 sampai 5 juli 2013 mengadaakan kunjungan kerja ke pemerintah kota semarang. Tim pemkot Bitung dibawah pimpinan  Wakil Walikota Bitung Bpk M.J Lomban, diterima langsung oleh Plt Walikota Semarang Bpk Hendi Hendrar Prihadi didampingi sekretaris daerah kota semarang. Pemkot Bitung kali ini mempelajari tentang pengelolaan keuangan dari segi keterpaduan dengan Bidang Perencanaan dan Pengawasan. Dimana diketahui bersama bahwa bidang perencanaan dan pengawasan di pemkot Semarang telah berjalan dengan sangat baik dan terpadu. Dari pemaparan yg disampaikan Wakil Walikota Bitung, Pemkot Semarang pun mengakui bahwa Pemkot Bitung sudah sangat baik bidang perencanaan dan pengawasan, namun mereka salut bahwa Pemkot Bitung walaupun sudah 2 kali meraih opini BPK WTP tapi tak henti hentinya terus belajar ke daerah lain tentang apa yg harus perlu di perbaiki di Kota Bitung. ' Kita pernah belajar tentang kebersihan di Gorontalo, dan saat ini kita memperoleh hasilnya dengan 7 kali adipura berturut-turut. Kita juga pernah belajar pelayanan publik di Jembrana, hasilnya saat ini kita juga terbaik dalam pelayanan publik . Semoga dengan kunjungan ini, kedepan kita bisa mempertahankan WTP tanpa pengecualian, seperti yang Kota Semarang dapatkan sekarang ini, ungkap Lomban. Dalam kunjungan ini juga didampingi Kepala Bappeda Drs. Audy Pangemanan, AP, M.Si dan Inspektur Bpk Drs. Toni Katuuk.

Sondakh Hadiri HUT Jemaat GMIM Moria



Sebagai wujud sukacita iman, Jemaat GMIM MORIA Girian Indah Wilayah Bitung III merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-16, yang dipusatkan di gedung gereja Moria Girian Indah. Sabtu 6/7.

Ibadah pengucapan syukur, yang dipimpin langsung Ketua Sinode GMIM Pendeta Piet M. Tampi, STh, MSi. Mengambil konteks perayaan HUT, mengajak jemaat agar  Melakukan Tekad dan Teladan dalam  melakukan sesuatu  dengan rasa penuh Tanggungjawab serta selalu meyakini bahwa perjalanan jemaat hingga saat ini, semua karena pekerjaan Roh Kudus. "Yakin dan percaya, bahwa jemaat Moria  hingga mencapai usia 16 tahun, semua semata-mata berkat kasih dan penyertaan Tuhan," ungkapnya.

Walikota Bitung hanny Sondakh dalam sambutannya Mengucapakan Selamat atas syukur yang diberikan Tuhan kepada Jemaat Moria yang saat ini merayakan HUT ke-16, Harapannya semoga dengan bertambahnya usia Jemaat akan lebih kompak dalam membina kebersamaan, lebih meningkatkan kualitas iman demi suatu karya untuk melayani Tuhan.
Ditambahkan juga agar Jemaat terus mempertahankan kerukunan, berdoa dan Bekerja keras guna mewujudkan suatu komitmen sehingga pembangunan dapat berjalan dengan baik.”ujar Sondakh.
Usai khotba, Sondakh bersama  Kepala Biro Umum, Prov Sulut Farly Kotambunan SE, Kadis Tenaga Kerja Kota Bitung dan Camat Girian ikut diundang bersama Pendeta dan pelayan khusus dalam prosesi pemasangan lilin dan pemotongan Kue HUT yang dilakukan ketua BPMJ GMIM Moria Pdt. M Walukou, Sth. Dan disaksikan Seeluruh jemaat Moria yang terdiri dari 9 Kolom, serta undangan.

Humiang Intensifkan Kesiapan Pelaksanaan Program Unggulan.


Menyiapkan masyarakat terhadap pelaksanaan  Program Pemerintah Kota Bitung, Pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus, International Hup Port, Jalan Tol dan konsep pengembangan Perikanan Kelautan berbasis Wilayah Mina Politan, Sekretaris Kota Bitung Drs. Edison Humiang Temui Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama Kepala Lingkungan, RT, RW dan Para Luruh sekecamatan Aertembaga 05/07 didampingi oleh Kepala Dinas Tata Ruang Stepen Tuwaidan, Camat Aertemba Drs. Sivri Mandak.
Pengembangan kawasan ekonomi khusus di Kota Bitung sinkron dengan kesiapan pembangunan Jalan Tol Manado Bitung, Pelabuhan International dan Konsep pengembangan Perikanan Kelautan.
Kebijakan Pemerintah Kota Bitung terhadap pembangunan Ekonomi Kerakyatan Menjadi Tujuan utama  Program yang di sampaikan," Pembangunan disektor perikanan dan kelautan, melalui revolusi biru artinya orientasi dari darat kelaut karena laut sangat berpotensi,  sejalan dengan konsep yang diterapkan bagaimana Bitung menjadi kawasan pengembangan potensi kelauatan dan perikanan," Tutur Humiang
Pengembangan dilakukan menyangkut penguatan ekonomi rakyat dan usaha kelautan dari tingkat usaha perikanan bawah keatas, dengan daya dukung Pelabuhan Internasional selanjutnya kawasan ekonomi khusus berbarengan kesiapan Jalan Tol akan mempermudah bagi  masyarakat mengakses kebutuhan dalam rangka  pengembangan diri," Penguatan ekonomi  kerakyatan lewat program Mina Politan yang diberikan bukan hanya melalui pemerintah pusat melainkan juga oleh pemerintah kota Bitung," tukas Humiang, selain itu membuka akses seluas - luasnya di Pulau Lembeh sebagai sona pendukung di Mina Politan.
Humiang Berharap Bitung dengan sumber daya alamnya memungkinkan untuk membangun pabrik menjadi keuntungan bagi kota Bitung dengan demikian Terbuka akses Lapangan pekerjaan  bagi masyarakat.

Pemkot Bitung Pelajari Perencanaan dan Pengawasan Pengelolaann Keuangan Ke Semarang


Pemerintah kota Bitung pada hari kamis 4 - 5 Juli 2013 kunjungan kerja ke pemerintah kota Semarang. Tim pemkot Bitung dibawah pimpinan  Wakil Walikota Bitung Bpk M.J Lomban, diterima langsung oleh Plt Walikota Semarang Bpk Hendi Hendrar Prihadi didampingi sekretaris daerah kota semarang.
Pemkot Bitung kali ini mempelajari tentang pengelolaan keuangan dari segi keterpaduan dengan Bidang Perencanaan dan Pengawasan,dimana diketahui bersama bahwa bidang perencanaan dan pengawasan pemkot Semarang telah berjalan dengan sangat baik dan terpadu.  Wakil Walikota Bitung memaparkan bebagai keberhasilan kota Bitung setelah sebelumnya belajar kedaerah - daerah yang telah lebih dahulu meraih prestasi,"  Kita pernah belajar tentang kebersihan di Gorontalo, dan saat ini kita memperoleh hasilnya dengan 7 kali adipura berturut-turut. Kita juga pernah belajar pelayanan publik di Jembrana, hasilnya saat ini kita juga terbaik dalam pelayanan publik . Semoga dengan kunjungan ini, kedepan kita bisa mempertahankan WTP tanpa pengecualian, seperti yang Kota Semarang dapatkan sekarang ini," ungkap Lomban Pemkot Semarang pun mengakui bahwa Pemkot Bitung sudah sangat baik di bidang perencanaan dan pengawasan, namun mereka salut bahwa Pemkot Bitung walaupun sudah 2 kali meraih opini BPK WTP tapi tak henti hentinya terus belajar ke daerah lain tentang apa yg harus perlu di perbaiki di Kota Bitung. 
Dalam kunjungan ini juga didampingi Kepala Bappeda Drs. Audy Pangemanan, AP, M.Si dan Inspektur Bpk Drs. Toni Katuuk.

Sondakh Anggota Senat AD HOCK Wisuda APB


Rapat terbuka senat Akademi Perikanan Bitung ( APB ) dalam rangka Wisuda Program Diploma III APB tahun akademik 2012 / 2013, yang dihadiri oleh Ketua Senat APB Ir. Samuel Hamel, MSI, 3 Anggota Senat Ad Hock Yakni Kepala Pusat Pendidikan Kelautan dan Perikanan Dr. IR. Nyoman Suyasa, MS, Walikota Bitung Hany Sondakh dan Kepala Badan Pengembangan SDM Kelautan dan Perikanan Dr. Ir. Suseno, MM. beserta anggota senat APB.
Keseriusan pemerintah kota Dalam menyiapkan Sumber daya manusia yang berkualitas dan mempunyai daya saing  kuat melalaui dukungan semua program pengembangan SDM, Walikota Bitung Hany Sondakh dalam sambutan Rapat Senat Terbuka APB menyampaikan bahwa apa yang telah diraih oleh para Wisudawan merupakan langkah awal bagi langka kedepan menuju dunia usaha," Kiranya disadari oleh para wisudawan agar jangan lantas berpuas diri dengan apa yang telah didapatkan hari ini, karena wisuda hari ini merupakan langkah awal dari sebuah usaha berkesinambungan meningkatkan kualitas diri pribadi," ujar Sondakh yang juga Senat Ad Hock APB, sembari berharap para wisudawan agar mampu menunjukkan kualitas dimana mereka berada dan menimbah ilmu sebanyak- banyaknya kepada yang telah profesional untuk bekal selanjutnya, apalagi menurut Sondakh Bitung kedepan membutuhkan tenaga - tenaga yang handal dalam bidang Perikanan dan Kelautan sesuai dengan Potensi Usaha yang ada di Kota Bitung dan hal ini akan didukung penuh oleh pemerintah Kota Bitung,"Saya memiliki harapan besar kepada wisudawan agar tidak menggantungkan seluruh potensi yang ada kepada ketersedian lapangan kerja justru sebaliknya ada harapan agar mau menempuh jalan lain dengan memposisikan diri sebagai pencipta lapangan kerja," Harap Sondakh, mengingat Bitung Kedepan menjadi Kawasan Ekopnomi Khusus Terbuka Peluang Usaha Baru di Dunia Perikanan.
Komitmen Pemerintah Kota Bitung terhadap dunia Pendidikan mendapat apresiasi dari Kementrian Perikanan dan Kelautan melalaui Kepala Pusat Pendidikan Kelautan dan Perikanan  bahwa apa yang dilakukan Walikota Bitung terhadap sumber daya manusia patut di banggakan," Atas Nama kementrian Perikanan dan Kelautan berterima kasih atas keberpihakan Pemerintah Kota terhadap pembangunan SDM,hal ini diwujudkan juga dengan kehadiran Walikota pada acara Wisuda APB dan ini patut menjadi cotoh," ungkap Suyasa.