Senin, 11 Februari 2013

LOMBAN HADIRI SOSIALISASI DAN BIMTEK DAK PERUMAHAN DAN KAWASAN PEMUKIMAN


Bitung bakal terima bantuan Rusunawa khusus untuk buruh dan pekerja, serta pembangunan perumahan murah untuk PNS


Setelah ditetapkannya Peraturan Menteri Perumahan Rakyat nomor 40 tahun 2012 tentang petunjuk teknis penggunaan dana alokasi khusus bidang perumahan dan kawasan permukiman tahun anggaran 2013, kementerian perumahan rakyat republik Indonesia mengundang 45 Bupati/Walikota se-Indonesia penerima DAK bidang perumahan dan kawasan permukiman tahun anggaran 2013, mengikuti sosialisasi dan bimbingan teknis pelaksanaan DAK bidang perumahan dan kawasan permukiman tahun anggaran 2013 di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta. 6/13.
Wakil walikota Bitung, M.J.Lomban didampingi Kepala Bappeda Audy Pangemanan dan kepala Dinas PU Kota Bitung Max Tambuwun turut serta dalam acara yang dihadiri langsung oleh menteri perumahan rakyat RI, Djan Faridz. beberapa hal yang dibicarakan dalam acara tersebut diantaranya menyangkut arah kebijakan DAK tahun anggaran  2013 dan 2014, kebijakan perencanaan anggaran dan mekanisme penyaluran DAK Ke daerah serta pembahasan desk atas usulan penggunaan DAK Perumahan dan Kawasan permukiman tahun 2013.
DAK Bidang Perumahan dan Permukiman tahun anggaran 2013 ini dapat digunakan untuk pembangunan fisik prasarana, sarana dan utilitas (PSU) bagi rumah masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) di perumahan dan kawasan permukiman baru yang akan dipasarkan pada tahun 2013 oleh para pelaku/pengembang dengan lingkup kegiatan sebagai berikut :
1.    Penyediaan sarana dan prasarana air minum;
2.    Sarana air limbah (septic tank communal);
3.    Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST);
4.    Jaringan listrik;
5.    Penerangan jalan umum.
Menpera RI Djan Faridz berharap masing-masing pemerintah daerah penerima DAK diharapkan dapat memprioritaskan sebagaimana lingkup kegiatan dimakasud, sebagai upaya mendukung program “ Pro Lingkungan,” yang diamanatkan Presiden RI, " Faridz yang didampingi oleh deputi bidang pengembangan kawasan DR. Hazaddin TS, berbicara langsung dengan wakil walikota M.J.Lomban di sela - sela acara ini, pemerintah kota Bitung dijanjikan bantuan berupa Rusunawa khusus untuk buruh dan pekerja, serta pembangunan perumahan murah  untuk PNS oleh kemenpera. kepala Bappeda Kota Bitung Audy Pangemanan dan Kepala Dinas PU Kota Bitung Max Tambuwun sebagai instansi perencana dan teknis pelaksana, mengakui akan menindaklanjuti hal tersebut melalui pengusulan program ke kementerian perumahan rakyat sesegera mungkin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar