Senin, 01 Februari 2016

Lomban Apresiasi Tulude IKSSAT


Wakil Walikota Bitung, Max J Lomban SE MSi, memberikan apresiasi atas suksesnya pelaksanaan pesta adat Tulude (Tolak Tahun) yang di sponsori organisasi adat Nusa Utara, Ikatan Kerukunan Sitaro Sangihe dan Talaud (IKSSAT) Kota Bitung, Kamis (28/1) pekan lalu, di Kelurahan Mawali, Kecamatan Lembeh Utara. Menurut Lomban, pelaksanaan Tulude tersebut merupakan agenda tahunan Dinas Pariwisata-Pemerintah Kota Bitung.

“Pesta adat Tulude, merupakan kegiatan adat yang kaya nilai sakral, kami memberikan apresiasi atas suksesnya pelaksanaan Tulude tahun 2016 ini, juga kepada organisasi adat IKSSAT Kota Bitung, yang telah membantu Pemerintah Kota Bitung mepromosikan salah satu kegiatan bernilai historis sehingga bisa menarik perhatian wisatawan asing,”ujar Lomban.
Sementara, Ketua IKSSAT Kota Bitung, Drs Moktar Parapaga, mengucapkan terima kasiih kepada Pemerintah Kota Bitung, atas perhatian yang diberikan, sehingga acara Tulude bisa sukses. “IKSSAT Kota Bitung, patut menaikan ungkapan syukur ke hadirat Tuhan, meskipun awalnya diguyur hujan, tapi bisa sukses, tentu ini juga tak terlepas dari perhatian Pemerintah Kota Bitung, yang memberikan dukungan penuh, kami juga memberikan apresasi atas kehadiran Bapak Wakil Walikota, Max J Lomban SE MSi dan Bapak Penjabat Gubernur Sulut, Soni Sumarsono yang juga membawakan sambutan, serta Wakil Walikota Terpilih, Ir Maurits Mantiri, juga seluruh warga Kota Bitung yang turut hadir menyaksikan acara adat ini, ”ungkap Parapaga.

Senada dengan Parapaga, Ketua Dewan Pakar IKSSAT, DR Hermanus Bawuoh menambahkan, mengucapkan terima kasih juga kepada para pendukung acara dan tua-tua adat yang telah mengambil bagian dalam pesta adat ini. “Suksesnya Tulude 2016 ini, merupakan hasik kerja keras pengurus IKSSAT dan dukungan penuh Pemkot Bitung, ini membuktikan, IKSSAT merupakan organisasi yang sangat menghormati nilai-nilai dalam bingkai kebudayaan adat Nusa Utara,”ungkap Bawuoh.

Acara tersebut juga, Parapaga didampingi Sekretaris Jenderal IKSSAT, Drs Fernando Kautung, jajaran dewan adat dan dewan pakar, melantik para pengurus Departemen IKSSAT juaga ketua panitia Franky Lady SSTP. Hadir juga dalam acara ini, jajaran Pemprov Sulut, jajaran Pemkot Bitung, serta Forkopimda Kota Bitung, juga ratusan warga Kota Bitung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar