Jumat, 02 Oktober 2015

Peletakkan Batu Pertama Pembangunan Bak Air dan Pipanisasi P2KP

Bitung, 28 September 2015. Peletakkan Batu Pertama Pembangunan Bak Air Bersih dan Pipanisasi, Program Penataan Lingkungan Permukiman Berbasis Komunitas (PLPBK) Program Peningkatan Kualitas Permukiman (P2KP) oleh Wakil Walikota Bitung M. J. Lomban, SE, M.Si. Kegiatan yang berlangsung di Kelurahan Wangurer Barat Kecamatan Madidir Kota Bitung.

Sefferson Sumampouw selaku Lurah Wangurer Barat menyampaikan program ini merupakan reward dari pemerintah pusat atas pengelolaan PNPM terbaik (sekarang P2KP) setelah melalui proses seleksi pada tahun 2012, penetapan pemenang  pada tahun 2013, perencanaan pada tahun 2014 dan pelaksanaan pada tahun 2015. “ Kota Bitung yang terpilih yaitu kelurahan Wangurer Barat, Kelurahan Paudean dan Kelurahan Sagerat dengan alokasi dana sebesar 1 milyar rupiah per kelurahan, “ tuturnya.

Lomban yang juga selaku Ketua Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) Kota Bitung menyampaikan bahwa dari anggaran tersebut diperuntukan pembuatan bak air bersih, pipanisasi, ruang terbuka hijau (rth) dan penataan lingkungan perkumuhan. “ program ini dikerjakan masyarakat dan dikelola oleh masyarakat melalui kelompok swadaya masyarakat (KSM-KSM) dengan melibatkan partisipasi masyakat tanpa harus melalui proses tender, “ tuturnya.

Tambahnya lagi tujuan dari pelaksanaan P2KP ini yaitu 100-0-100 (Hundred-zero-hundred) dimana 100 persen air bersih, 0 persen luas pemukiman kumuh dan 100 persen akses sanitasi. “ dengan dilaksanakan secara swakelola program P2KP ini dapat meningkatkan taraf perekoniman masyarakat itu sendiri, “tuturnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar