Kamis, 22 Agustus 2013

Bitung Siap Dijadikan Bandar Niaga Internasional


Bitung tidak hanya disiapkan untuk pengembangan Pelabuhan Hub Internasional sebagai pintu gerbang perniagaan dan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus, Bitung akan dikembangnkan menjadi Bandar Niaga Internasional. Hal ini diungkapkan Deputi V Menko Perekonomian Bidang Koordinasi Perniagaan dan Kewirausahaan selaku Ketua Tim Pengembangan Sislognas Edy Putra Irawadi dalam acara Sosialisasi Peraturan Presiden No 26 Tahun 2012 dan Workshop Supplay Chain Management di BPU Kantor Walikota Bitung 21/08. Kedepan perniagaan akan masuk melalui Indonesia bagian timur yaitu kota Bitung sebagai lintas perniagaan, semua perniagaan akan mampir kota Bitung. Disiapkan berbagai daya dukung diantaranya desain infrakstrukturnya dan sumber daya manusianya akan dikembangan dengan dibangun Bitung Logistic Comunity Colege (BLCC). "Siapapun yang akan belajar logistik akan datang ke kota Bitung nantinya," tutur Irawadi. Menurut Irawadi Bitung mempunyai daya dukung, memiliki multi sumber daya alam, mempunyai sumber daya kemaritiman, perkebunan dan pariwisata semuanya lengkap ujar Irawadi. Baginya suatu anugerah Bitung mendapatkan Kawasan Ekonomi Khusus.
Walikota Bitung Hanny Sondakh dalam kesempatan tersebut menyampaikan terimakasih serta kebanggaannya atas kedatangan Tim Sislognas di kota Bitung yang dipimpin langsung oleh Deputi V Menko Perekonomian, Asisten Deputi Bidang Sistem Logistik dan Fasilitasi Perdagangan Erwin Rasa bersama Tim dan juga Tim dari Dewan Nasional KEK.
Sondakh menyampaikan bahwa upaya implementasi rencana aksi sistem logistik Tahun 2013 yang salah satu tujuannya adalah pengembangan pelabuhan Hub Internasional Bitung, maka pemerintah kota Bitung bekerjasama dengan Kementrian Koordinator Bidang Perekonomian RI menyelenggarakan Sosialisasi Peraturan Presiden Nomor 26 Tahun 2012. "Pemerintah  kota Bitung bersama Kementrian Koordinator Bidang Perekonomian RI melaksanakan Sosialisasi PP Nomor 26 Tahun 2012 tentang cetak biru Pengembangan Sistem Logistik Nasional dan Workshop Suplay Chain Management dalam rangka pendirian Akademi Komunitas Logistik Bitung untuk mendukung pelaksanaan Kawasan Ekonomi khusus," ujar Sondakh. Dilanjutkannya pengembangan pelabuhan Bitung dengan segala aktifitasnya menjadikan Bitung sebagai salah satu pintu gerbang kawasan Asia Pasifik untuk itu perlu didukung dengan berbagai program pembangun infrakstruktur antara lain pembangunan jalan tol Bitung-Manado, KEK, Pembangunan BLCC sebagai sarana penunjang pelaksanaan KEK dengan mempersiapkan SDM handal yang siap pakai.
Hadir dalam acara sosialisasi sejumah Pejabat dari Provinsi Sulawesi Utara, Anggota DPRD Provinsi dan DPRD kota Bitung, Wakil Walikota Bitung M. J. Lomban, SE, M.Si, Sekretrais Kota Bitung Drs. Edison Humiang, M.Si, para Asisten dan Kepala SKPD jajaran Pemerintah kota Bitung serta sejumlah Pimpinan Perusahaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar