Senin, 18 Maret 2013

Dinas Kebersihan Kota Bitung Laksanakan Kegiatan Rutin "Bersih-bersih Pantai & Selat Lembeh"



Dalam rangka membersihkan Selat Lembeh dari sampah, Dinas Kebersihan Kota Bitung telah melaksanakan beberapa kegiatan baik yang berupa tindakan pencegahan maupun tindakan penanganan. Tindakan pencegahan atau preventif dilakukan dengan melaksanakan sosialisasi
secara langsung ke wilayah Kecamatan yang ada di pesisir Selat Lembeh baik Lembeh Utara, Lembeh Selatan, Aertembaga, kecamatan Madidir, Girian, Matuari dan sampai ke Pusat Perlindungan Satwa yang ada di Tasik Oki yang ada di Minahasa Utara. Sosialisasi ini bertujuan untuk mengajak masyarakat pesisir pantai untuk bersama-sama menjaga kebersihan di pesisir pantai dari sampah terutama sampah plastik. Selain itu juga dilakukan sosialisasi melalui pemasangan baliho serta stiker yang ditempatkan di pelelangan dan di pinggir pantai Papusungan Kecamatan Lembeh Selatan.
Untuk tindakan penanganan atau represif, Dinas Kebersihan bekerja sama dengan Camat Lembeh Utara, Lembeh Selatan, Aertembaga dan Maesa pada hari Jumat yang lalu telah melaksanakan kegiatan Bersih-bersih Pantai Selat Lembeh yang dipusatkan di Pelabuhan Perikani Aertembaga. Dari hasil kegiatan tersebut telah berhasil diangkat sampah dari laut sebanyak empat container, dimana kurang lebih 100 kg dimasukkan ke Bank Sampah. Kegiatan bersih-bersih pantai ini akan berlangsung setiap hari Jumat sehingga diharapkan  kebersihan Selat Lembeh dapat terjaga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar