Senin, 29 Juni 2015

Lomban Buka Sosialisasi KIPM



Jumat 26/6, bertempat aula balai diklat Aertembaga, Wakil Walikota Bitung M.J Lomban membuka sosialisasi yang diprakarsai oleh Balai Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu (KIPM) Kls II Manado yakni cara penanganan ikan yang baik diatas kapal dan tingkat Supplier.
Lomban dalam sambutan dan arahan menyampikan, Penanganan ikan di atas kapal harus baik dan benar agar di peroleh hasil yang semaksimal mungkin. Keberhasilan penanganan ikan di atas kapal dapat di pengaruhi oleh beberapa faktor di antaranya alat penanganan, media pendingin, teknik penanganan, dan keterampilan pekerja.
Adapun Pemakaian alat-alat penanganan yang lengkap dan baik dalam arti dapat memperkecil kerusakan fisik, kimia, mikrobiologi dan biokimia akan memberikan hasil yang maksimal.
Disisi lin Ikan merupakan salah satu bahan makanan yang mudah membusuk. Hal ini dapat dilihat pada ikan-ikan yang baru ditangkap dalam beberapa jam saja kalau tidak diberi perlakuan atau penanganan yang tepat maka ikan tersebut mutunya menurun. Oleh karena itu Ikan harus beri suatu perlakuan atau penangan yang baik agar supaya mutu kualitasnya tidak menurun, dengan menerapkan suatu prinsip penanganan, yaitu Cepat,Cermat, Bersih dan Sehat. Sebab ikan sehat yakni bebas dari hama penyakit ikan dimana komoditasnya terjamin kesehatannya sehingga menjadi komoditas unggulan untuk dilalulintaskan baik domestik lokal maupun ekspor. “kunci Lomban.
Turut hadir Kepala Pusat BKIPM dan Kepala Balai KIPM Manado

Tidak ada komentar:

Posting Komentar