Jumat, 24 Oktober 2014

FKDM kota Bitung gelar sosialisasi penanggulangan bencana


Selasa, 22/10. Bertempat di Ruang Sidang Lantai IV Kantor Walikota Bitung, Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) kota Bitung mengadakan Sosialisasi Peran Serta FKDM Dalam Penanggulangan Bencana Alam di Kota Bitung yang dibuka langsung  Wakil Walikota Bitung Max J. Lomban, SE, M.Si yang juga merupakan Ketua Penasehat FKDM kota Bitung, didampingi oleh Asisten Administrasi Umum Setda kota Bitung, Drs. Malton Andalangi serta Kepala Badan Kesbangpol Drs. Jeffry Sondakh.

Dalam sambutannya Lomban mengapresiasi kepada FKDM kota Bitung yang telah melaksanakan sosialisasi in, dan merupakan sebagai bukti nyata dan langkah yang baik untuk menunjukan eksistensinya dalam Tata Pengelolaan Pemerintahan Daerah bidang penanggulangan bencana. FKDM dibentuk berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 12 Tahun 2006 tentang Kewaspadaan Dini Masyarakat Daerah. ditambahkan, Kewaspadaan Dini Masyarakat adalah kondisi kepekaan, kesiagaan dan antisipasi masyarakat dalam menghadapi potensi dan indikasi timbulnya bencana, baik bencana perang, bencana alam, maupun bencana karena ulah manusia. “Masyarakat merupakan salah satu komponen yang sangat penting untuk membantu pemerintah dalam penanggulangan bencana secara dini sehingga dapat diantisipasi dan diminimalisir serta tidak menimbulkan kerugian yang lebih besar, ”tutur Lomban.

Acara sosialisasi ini diadakan diskusi panel dimana sebagai narasumber yaitu Ketua Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) kota Bitung, Drs. Mochtar Parapaga, Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) kota Bitung, Dra. Khouni Lomban Rawung, M.Si, Ketua Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bitung, Drs. Adri Supit, Kepala Dinas Sosial kota Bitung, Berty Sandag, SE, ME, turut hadir SKPD yang terkait, Palang Merah Indonesia (PMI) kota Bitung, FKMD tingkat Kecamatan sekota Bitung,  Taruna Siaga Bencana (Tagana) kota Bitung dan Tokoh-tokoh masyarakat.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar