Rabu, 04 Februari 2015

Pagelaran Tarian Meriahkan Pesta Adat Tulude Kota Bitung

Bitung- Upacara adat warga Nusa Utara yakni Tulude dan potong tamo biasanya digelar tingkat Kota,namun perayaan tahun 2015 dilaksanakan serentak Sabtu 31 Januari di 8 kecamatan .
Baik dari kecamatan Aertembaga,Maesa,Madidir,Girian,Matuari,Ranowulu,Lembeh Selatan dan Lembeh Utara mengawali upacara dengan mengarak-arak Kue Tamo keliling semua Kelurahan dari Kecamatan yang bersangkutan.
Khusus Kecamatan Lembeh Utara sebagian besar berasal dari Nusa Utara ini memeriahkan pesta Tulude dengan pagelaran tarian Upase,tarian Salo dan tarian Cakalele.
Ketua Ikatan Keluarga Sanger Sitaro Talaud (IKSSAT) kota Bitung Drs.Edison Humiang,MSi selaku Sekretaris kota menghadiri gelar adat Tulude Lembeh Utara dengan Tembonang Banua Camat Leddy Ambat,SSTP mengikuti seluruh upacara.
Sedangkan pemotongan kue Tamo dilakukan oleh tokoh adat Nimot Salahuhiyang disaksikan oleh ribuan masyarakat memadati lapangan Kelurahan Pintu Kota.
Baik di Kecamatan Lembeh Utara dan Lembeh Selatan Sekot Bitung pada sambutannya mengatakan budaya warga Nusa Utara seperti gelar adat Tulude bukan saja menjadi agenda tahunan Pemerintah Kota tetapi sudah dikenal dikanca Nasional dan International.
Sementara Walikota Bitung Hanny Sondakh mengikuti gelar adat Tulude di Kecamatan Madidir,sebagai Tembonang Wanua yakni Camat Jane Wauran.
Sondakh berharap ditahun mendatang kegiatan yang sama dilaksanakan disetiap kelurahan.

Sementara, Wawali M.J Lomban Mengikuti gelar syukur Tulude di Kecamatan Ranowulu tepatnya di Kelurahan Batuputih dan Kelurahan Girian Weru II Kecamatan Girian.

Lomban: Tulude bukanlah sekedar kegiatan tahunan, tetapi sesungguhnya memiliki makna sakral yang mendalam. Sebab Tulude tidak sekedar seremonial, tapi mensyukuri berkat anugerah Tuhan yang dianugerahi sepanjang tahun 2014 sebagai pengertian tolak Tahun, seraya kita diajak untuk tetap selalu pertahankan hidup rukun dan damai antar sesama dalam mejalani kebersamaan di Tahun 2015.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar