Senin, 29 April 2013

Lomban Irup Hari Otda Ke-17


Bertempat di Lapangan Upacara Kantor Walikota Bitung (25/04), Lomban bertindak sebagai inspektur upacara dalam rangka Hari Otonomi Daerah yang Ke-17. Upacara ini dihadiri Forkopinda Kota Bitung, Para Assisten, Kepala SKPD serta seluruh PNS di lingkungan Pemkot Bitung. Didalam sambutannya membacakan amanat Menteri Dalam Negeri Lomban mengingatkan kembali tujuan utama kebijakan desentralisasi dan otonomi daerah yaitu tujuan demokrasi dan tujuan kesejahteraan. Tujuan demokrasi memposisikan pemerintahan daerah sebagai instrumen pendidikan politik di tingkat lokal yang secara agregat akan menyumbang terhadap pendidikan politik secara nasional untuk mempercepat terwujudnya masyarakat madani atau Civil Society, sedangkan tujuan kesejahteraan mengisyaratkan pemerintahan daerah untuk menyediakan pelayanan publik bagi masyarakat lokal secara efektif, efisien dan ekonomis. Selain itu, melalui otonomi daerah diharapkan daerah dapat merumuskan kebijakan-kebijakan daerah yang memperhatikan kondisi dan potensi daerahnya masing-masing guna meningkatkan pelayanan publik, kesejahteraan masyarakat dan daya saing daerah.
Sebagai upaya peningkatan kapasitas pemerintahan daerah, pemerintah pusat telah melakukan berbagai langkah strategis dengan berbagai pertimbangan yaitu : demokratisasi yang membuka peluang kepada masyarakat untuk berpartisipasi dalam penyelenggaraan pemerintahan, peningkatan kualitas pelayanan publik, serta secara progmatis mencanangkan tahun 2013 sebagai Tahun Kegiatan Kinerja. Untuk itu diharapkan setiap entitas pemerintahan daerah melakukan upaya-upaya sistematis agar kualitas kinerja semakin meningkat serta terhindar dari kasus-kasus korupsi, disiplin, dan mematuhi ketentuan hukum.
Upacara ini kemudian dirangkaikan dengan penyerahan Satya Lencana Karya Satya untuk pengabdian selama 30 tahun kepada Kepala DInas Pasar Drs. A. J. Karamoy, 20 tahun kepada Kepala Dikpora Drs. Herman Rompis, M.Si dan 10 tahun kepada Kepala Bagian Pemeberdayaan Perempuan dan Pelindungan Anak Rita L. Sumiok, Se, M.Si.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar