Senin, 15 Desember 2014

Kasal Kukuhkan KRI John Lie




Sabtu. 13/12. Bertempat  di Pelabuhan Samudra Bitung, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI DR. Marsetio bersama Ibu didampingi Gubernur Sulawesi Utara DR. Sinyo Harry Sarundajang serta rombongan melakukan kunjungan kerja. Kunjungan kerja Kasal dan Gubernur untuk mengukuhkan Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) John Lie dengan nomor lambung -358 melalui Upacara Militer dan Upacara Adat yang dilaksanakan secara besar-besaran dengan melibatkan  semua komponen lapisan masyarakat dan pemerintah daerah Sulawesi Utara serta instansi terkait. KRI John Lie -358 merupakan salah satu bagian Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) milik TNI AL adalah kapal perang tercanggih dan modern dikelasnya Multi Role Light Frigate (MRLF) yang menjadi kebanggaan Indonesia.
Kasal Laksamana DR. Marsetio menyampaikan bahwa pemberian nama KRI John Lie -358 merupakan bentuk penghargaan kepada Pahlawan Indonesia Laksamana Muda (Laksda) Jahya Daniel Dharma atau yang lebih dikenal dengan John Lie. Dia mengatakan, sangat berharap dengan pemberian nama pahlawan nasional pada kapal perang ini, menjadikan detak jantung pengawal yaitu prajurit yang mengawaki KRI John Lie, akan mengalir semangat patriotisme dan nasionalisme para pahlawan.
"Sehingga memberikan motivasi dan suri teladan dalam melaksanakan tugas dalam menegakkan kedaulatan dan hukum di laut," ucap kasal.

Dia mengatakan kehadiran kapal perang KRI John Lie akan memperkuat jajaran armada kawasan timur dalam menegakkan kedaulatan dan hukum di laut. "Kehadiran KRI John Lie akan memberikan manfaat, memberikan nilai tambah bagi kesejahteraan, bagi pengamanan laut yang ada di Sulawesi," kata kasal.
Usai pengukuhan dalam upacara milter, dilanjutkan dengan pengukuhan secara adat, yang antara lain menampilkan tarian Kabasaran dan Maengket. Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan penghargaan kepada keluarga Alm. Laksamana Muda TNI (Purn) Jhon Lie.

Setelah melakukan Upacara Militer dan Upacara Adat, Kasal dan Gubernur Sulut bersama rombongan bertolak menuju Rumah Dinas Walikota Bitung. Kedatangannya disambut Walikota Bitung Hanny Sondakh bersama ibu, Wakil Walikota Bitung Max J. Lomban, SE, M.Si. Sondakh menyampaikan  selamat atas dikukuhkannya KRI John Lie-358 milik TNI Angakatan Laut. “ Semoga dengan adanya kapal perang ini dapat memperkuat pertahanan maritim Indonesia khusunya keamanan di perairan laut Sulawesi, “ Ucap Sondakh.
Pada kegiatan  ini dihadiri juga oleh isteri dari Muda TNI (Purn) Jhon Lie, Muspida Provinsi Sulut, Forkopimda Sulawesi Utara dan instansi terkait. Sementara itu pada hari yang sama, Kasal berserta ibu dan Gubernur Sulut melakukan kunjungan ke Rumkital Lantamal XII Bitung dan juga meresmikan Masjid Ar Rasyid dan penanaman pohon di Satkamla Lantamal XII Bitung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar