Senin, 12 Januari 2015

Lomban Usul MP3EI Dimatangkan

Wakil Walikota Bitung M.J Lomban Menghadiri Rapat business Forum dalam rangka mendapatkan masukan mengenai strategi dan pengembangan logistik nasional yang Dilaksanakan di gedung A.A maramis Kemenko Jakarta dan dipimpimpin langsung Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Sofyan A. Djalil, Kamis 8/1.
Dalam rapat tersebut Lomban sendiri memberikan masukan mengenai manajemen Logistik melalui pemahaman MP3EI  atau Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia dimana bertujuan untuk membentuk integrasi pembangunan yang disusun berdasarkan optimisme pemerintah dalam melihat posisi Indonesia di mata internasional. Masterplan ini dimaksudkan juga untuk mendorong visi Indonesia menjadi 10 negara terbesar dunia di tahun 2025. MP3EI memiliki strategi utama yaitu  Peningkatan Potensi Ekonomi Wilayah melalui Koridor Ekonomi, Penguatan Konektivitas Nasional, Penguatan Kemampuan SDM dan IPTEK Nasional.
disisi lain mengenai Agenda Penguatan Konektivitas Nasional  yakni  Menghubungkan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi utama untuk memaksimalkan pertumbuhan berdasarkan prinsip keterpaduan, bukan keseragaman, melalui intermodal supply chains system dalam upaya Menyebarkan manfaat pembangunan secara luas melalui peningkatan konektivitas dan pelayanan dasar ke daerah tertinggal, terpencil dan perbatasan dalam rangka pemerataan pembangunan.
Disamping itu Untuk mencapai maksud dan tujuan tersebut maka diperlukan pengintegrasian elemen kebijakan nasional yang terdiri dari Sistem Logistik Nasional (Sislognas), Sistem Transportasi Nasional (Sistranas), Pengembangan wilayah (RPJMN/RTRWN), Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK/ICT).  kebijakan tersebut, maka relevansi Sistem Logistik Nasional (Sislognas)  menjadi sangat penting  dan utama  dalam strategi penguatan konektivitas nasional tersebut.   Sistem logistik memiliki peran strategis dalam sinkronsisasi  dan penyelarasan kemajuan antar sektor ekonomi dan antar wilayah demi terwujudnya pertumbuhan ekonomi yang inklusif, sekaligus menjadi benteng bagi kedaulatan dan ketahanan ekonomi nasional. “Jelas Lomban.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar