Senin, 13 Mei 2013

Lomban Hadiri Ucapan Syukur Negeri Danowudu ke-105



Acara puncak perayaan 105 Tahun Negeri Danowudu yang diselengarakan di kecamatan ranowulu 12/5.
Dalam sambutan Walikota Bitung Hanny Sondakh yang dibacakan Wakil Walikota Bitung M.J Lomban mengatakan Dengan usia 105 tahun negeri Danowudu telah melewati tranformasi yang panjang baik dari segi pemerintahan, pembagunan, pertumbuhan ekonomi serta Perkembangan Nilai Budaya. Untuk itu pemerintah sepenuhnya menyadari bahwa Negeri Danowudu menjadi penentu dalam kemajuan dan perkembangan Kota Bitung.
Diakhir sambutan Lomban menyampikan Selamat atas syukur yang diberikan Tuhan kepada Negeri Danowudu dan menghimbau bahwa budaya adat Danowudu perlu dibudayakan dan nantinya dijadikan warisan bagi anak cucu negeri danowudu ”tambah Lomban

Kegiatan ini semarak dengan acara Adat. melalui Prosesi Tabur Beras Kunyit yang menandakan doa atas kemakmuran negeri dan pemerintah negeri Danowudu, Wakil Walikota Bitung Max J Lomban yang datang bersama dengan Ibu Ny Khouni Lomban Rawung sempat mendapatkan siraman beras kunyit. “Siraman beras kunyit ini menjadi  symbol pemimpin yang mampu mengayomi masyarakat agar masyarakat mampu berjuang menghadapi setiap tantangan kehidupannya dengan restu yang kuasa,” kata Pemangku adat negeri Danowudu Dolfie Rumajar.

Tak hanya adat tabor beras kunyit, namun juga pada prosesi adat ini, semua undangan termsuk wakil Walikota Bitung disuguhkan air kelapa yang diminum di bambu kuning menjadi simbol keberhasilan setelah mencapai kesuksesan. “Bersulang lewat minum air kelapa menjadi symbol dalam kesuksesan yang tidak hanya dilakukan sendiri namun secara bersama-sama..
Pada acara tersebut juga dibacakan bagaimana sehingga warga Negeri danowudu ini bisa beranak pinak di Kota Bitung semenjak tahun 1908. “Warga yang berada di Negeri Danowudu ini adalah warga yang berasal dari Desa Telap Maumbi dan Taulumembet di pinggiran danau Tondano dan bergabung dengan Kauditan membuka lahan ditempat ini yang kemudian di namakan dengan negeri Danowudu.

Hadir Juga Pada Kesempatan ini Anggota DPRD Provinsi Sulut, Paul Tirayoh, Wakil DPRD Bitung Ir. Maurits Mantiri, Kadis Pariwisata Benny Lontoh, dan Camat Ranowulu serta seluruh Jajaran Perangkat Kecamatan Dan Kelurahan serata masyarakat Kecamatan Ranowulu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar