Rabu, 22 Mei 2013

Sondakh Buka Acara Pembayaran PKH Tahap I Tahun 2013


Bertempat di Balai Pertemuan Umum Kantor Walikota Bitung, Hanny Sondakh yang didampingi Wakil Walikota Bitung dan Kepala Dinas Sosial Kota Bitung membuka acara Penyerahan Bantuan Tahap I Program Keluarga Harapan (PKH) di Kota Bitung Tahun 2013 (20/05).
Dalam sambutannya Sondakh mengingatkan kembali tujuan program pengentasan kemiskinan PKH ini, yaitu :

  1. Meningkatkan akses dan kualitas pelayanan pendidikan dan kesehatan khususnya bagi anak dari rumah tangga sangat miskin (RTSM); meningkatkan status kesehatan dan gizi ibu hamil, nifas dan anak balita dari RTSM serta meningkatkan taraf pendiikan bagi anak-anak RTSM
  2. Meningkatkan status sosial ekonomi RTSM
  3. Merubah perilaku RTSM yang relatif kurang mendukung bagi peningkatan kesejahteraan
Penerima bantuan PKH ini akan mendapatkan semua haknya yaitu: menerima bantuan uang, menerima pelayanan kesehatan, serta menerima pelayanan pendidikan dasar 9 tahun. Kepada penerima PKH khususnya ibu hamil atau yang memiliki anak balita Sondakh berharap agar dapat secara rutin memeriksakan kesehatannya ke fasilitas kesehatan dan apabila memiliki anak usia sekolah 1-15 tahun atau 16-18 tahun yang belum menyelesaikan pendidikan dasar, diharuskan untuk sekolah.
Sondakh bersama Wakil Walikota Bitung kemudian secara simbolis memberikan bantuan uang tunai kepada perwakilan penerima bantuan PKH sambil terus mengingatkan agar uang bantuan tersebut nantinya dipergunakan sebagaimana mestinya.
Bantuan Tahap I tahun 2013 yang berasal dari Dana Operasional PKH APBD Kota Bitung ini akan diberikan kepada 2.928 RTSM dengan total anggaran Rp. 728.540.000, mekanisme pembayaran dilaksanakan oleh sekretariat PKH Dinas Sosial Kota Bitung melalui kelompok-kelompok RTSM yang diatur oleh 13 orang pendamping dan 4 orang operator PKH Kota Bitung.
Acara ini turut dihadiri Kepala SKPD se-Kota Bitung, Kepala PT.Pos Manado & PT. Pos Bitung, Tokoh Masyarakat & Tokoh Agama, Operator dan Pendamping PKH Kota Bitung serta seluruh peserta PKH yang berasal dari 8 kecamatan se-Kota Bitung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar