Kamis, 02 Mei 2013

Sondakh Hadiri Musrenbangnas 2013


Setelah pelaksanaan Pra-Musrenbangnas selama satu minggu, maka pada hari Selasa (30/4) bertempat di Gedung Birawa, Hotel Bidakara Jakarta telah diselenggarakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) yang dibuka oleh Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono, Musrenbangnas ini dihadiri oleh oleh seluruh kepala daerah bupati dan walikota seluruh Indonesia.
Sementara itu Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala badan Perencanaan Pembangunan Nasional Prof DR Armida S Alisjahbana dalam laporannya bahwa musrenbangnas tahun 2013 ini bertemakan “Memantapkan Perekonomian Nasional Bagi Peningkatan Kesejahteraan Rakyat Yang Berkeadilan”.

Dalam rangkaian Musrenbangnas ini dilaksanakan juga Pameran Pembangunan Nasional 2013, dimana Kota Bitung turut mengambil bagian sesuai instruksi menteri PPN/Kepala Bappenas dengan menampilkan program Habitat For Humanity (HFH) dalam pembangunan rumah layak huni bagi eks pengungsi Maluku Utara sebanyak 125 unit pada tahap pertama dan dilanjutkan 106 unit pada tahap kedua. Diyakini kerjasama yang baik antara pemerintah daerah dan LSM Habitat dapat menjadi contoh pengentasan kemiskinan bagi daerah yang lain.

Untuk Provinsi Sulawesi Utara sendiri Gubernur DR SH Sarundajang mengawal langsung program-program yang diusulkan pemprov Sulut yang berasal dari seluruh kabupaten/kota se Sulut. Khusus untuk Kota Bitung menjadi perhatian pusat karena sebelum Musrembangnas ini ada paparan langsung dari Menteri PPN/Kepala Bappenas RI Prov DR Armida S Alisjahbana  yang menyatakan bahwa konektivitas dikoridor 4 Sulawesi memerlukan dukungan jalan Tol Manado-Bitung, hal ini menandakan bahwa Kota Bitung menjadi Kawasan Perhatian Investasi (KPI) di Indonesia.

Kepala Bappeda Bitung Drs Audy Pangemanan MSi yang mendampingi Walikota Bitung Hanny Sondakh dalam Musrenbangnas ini menambahkan bahwa acara ini sangat penting khususnya bagi singkronisasi program pusat dan daerah, apalagi pada acara pembukaan oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono banyak memberikan arahan-arahan yang penting bagi pemerintah daerah, termasuk berbagai rencana dan kebijakan pemerintah pusat seperti rencana kenaikan BBM, pungkas pangemanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar