Kamis, 18 Juli 2013

Program PMI Kota Bitung, Papusungan Miliki Peta Rawan Bencana


Buah hasil program PMI Kota Bitung, PMI Propinsi bekerja sama dengan PMI Denmark berupa pelatihan relawan  Siaga bencana , telah menghasilkan peta rawan bencana kelurahan Papusungan.
Struktur daerah Pulau Lembeh yang dominan masyarakatnya berada di bantaran perbukitan dan pesisir pantai mengharuskan kesiagaan dari setiap elemen masyarakat, PMI Kota Bitung dan Propinsi Melalui Program kerja sama Dengan PMI Denmark telah melatih tenaga siaga bencana di pulau Lembeh dengan program utama berupa penyiapan Peta Rawan Bencana ( PRB ), hal ini dilakukan menurut ketua PMI Kota Bitung Dra. Khouni Lomban Rawung, Msi agar masyarakat mengetahui langkah – langkah apa yang akan dilakukan,” melalui SIBAT program untuk masyarakat telah berhasil dibuat peta rawan bencana sehingga kita akan tahu dimana lokasi lokasi rawan bencana,” tutur Rawung, ketua PMI Kota Bitung juga berterima kasih kepada semua elemen masyarakat yang telah bersama - sama sehingga PRB dapat dihasilkan, sembari  tentunya memohon kepada Tuhan agar kita di jauhkan dari bencana.
PMI melalui TIM Siaga Bencana ( SIBAT ) menyampaikan sejumlah lokasi rawan bencana di Kelurahan Papusungan, dengan tiga kerawanan yakni Banjir, Longsor dan Abrasi, untuk itu warga diharapkan dapat memperhatikan tanda2 melalui peta yang ada.
Wakil Walikota Bitung menyampaikan bahwa dengan adanya PRB kita semua dapat mengetahui langkah apa yang akan diambil terkait banjir, longsor dan abrasi juga mengetahui dimana lokasi evakuasi ketika terjadi bencana, “peta yang telah dibuat oleh tenaga relawan,kiranya juga akan ada tindak lanjut dari masyarakat ketika musin hujan menghindari lokasi rawan bencana, ”tutur Lomban, ditambahkannya juga bahwa berdasarkan laporan dari tim siaga bencana sejumlah lokasi rawan abrasi dan longsor  nantinya akan ditindak lanjuti oleh dinas terkait seperti badan penanggulangan bencana daerah dan pekerjaan umum.
Sembari Berharap kedepan di semua Kelurahan akan ada PRB dan tenaga relawan bencana,” Berharap kedepan akan ada 69 peta rawan bencana di kota Bitung, selain itu kedepan  minimal setiap kelurahan akan dilatih 20 tenaga relawan bencana,” pungkas Lomban.
Acara PMI kota Bitung berupa sosialisasi, penyerahan peta rawan bencana ke kelurahan Papusungan dan donor darah dihadiri Oleh ketua PMI Bitung Dra.Khouni Lomban Rawung dan Wakil Walikota Bitung M. J. Lomban beserta sejumlah kepala dinas terkait, Pengurus PMI kota Bitung dan Kecamatan, bersama tokoh masyarakat dan tokoh adat kecamatan Lembeh Selatan,

0 komentar:

Poskan Komentar