Sekretaris Kota Bitung Drs. Edison Humiang, Msi didampingi Assisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Dahlia Kaeng Buka Pelaksanaan
rapat Tim Evaluasi Dan Pengawasan Penyerapan Anggaran
(Teppa) bertempat Ruang Sidang Lantai 4 Kantor Walikota Bitung, 22/7.
Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Frangky, SE, Ak,
Msi bersama Kepala Bagian Pembangunan Jhon Simarmata ST. Menjelaskan
bahwa (TEPPA) adalah suatu tim kerja yang dibentuk oleh
Pemerintah secara berjenjang dari Pusat sampai ke Daerah, dengan tujuan untuk
melakukan pengendalian percepatan penyerapan belanja daerah dan juga
mengkoordinasikan langkah-langkah strategis.
Ditambahkan pula Rapat Evaluasi ini dihadiri oleh Para Asisten, Staf
Ahli, Pimpinan SKPD dan Para Camat Se Kota Bitung yang memiliki Dokumen
Pelaksanaan Anggaran (DPA) termasuk Para Kepala Sekolah dan Para Kepala
Puskesmas
dan Jumlah
Satuan Kerja yang memiliki DPA yang diikuti sebanyak 94 Satuan Kerja.
Sementara itu Humiang yang juga
sebagai penanggungjawab Tim dalam arahannya mengatakan dengan adanya Pembentukan
TEPPA juga diharapkan dapat mengkoordinasikan langkah-langkah strategis
diantaranya untuk mengupayakan percepatan pengadaan barang dan jasa, pemantauan
terhadap perkembangan penyerapan belanja daerah setiap bulan, mengkomunikasikan
hambatan penyerapan belanja daerah dan juga melaporkan secara berjenjang
perkembangan penyerapan belanja daerah serta kendala-kendala yang dihadapi.
Sebab berdasarkan Intruksi Presiden
Republik Indonesia perlu
adanya percepatan pembentukan (TEPPA) di masing-masing
Provinsi dan Kabupaten/Kota berdasarkan hasil evaluasi pelaksanaan pembangunan
tahun 2011, yang
terdapat
penumpukan anggaran dan kegiatan pada bulan Desember sehingga menyebabkan
rendahnya penyerapan APBN dan APBD. Oleh karena itu pada saat penyerahan DIPA
2012 di Istana Negara pada Desember 2011, Presiden RI menginstruksikan kepada
seluruh Gubernur dan Bupati/walikota untuk segera :
1. Lakukan
percepatan penyerapan anggaran (di 2012)
2. Benahi
aturan, reward and punishment
3. Laporkan ke
saya bulan April, Agustus dan Nopember
4. Umumkan ke
publik
5. Tim bantu
fasilitasi dan koordinasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar