Rabu, 26 November 2014

Humiang Buka Rapat Implementasi RoRo ASEAN Bitung-General Santos

Bertempat di Ruang Sidang Lantai IV Kantor Walikota Bitung, Sekertaris Daerah Kota Bitung Drs. Edison Humiang, M.Si membuka secara langsung jalannya rapat tentang Pembahasan Implementasi Roll on Roll of (RoRo) ASEAN Bitung-General Santos. Humiang yang didampingi Kaban Bappeda Audy Pangemanan menjelaskan tujuan pelaksanaan rapat untuk mengembangkan konektivitas ASEAN yang telah disepekati yaitu tiga rute utama Kapal RoRo yang akan menghubungkan negara kepulauan di Asia Tengara yaitu Dumai-Malaka (Malasyia), Belawan-Penang (Malasyia) - Phuket (Thailand) dan General Santos (Philipina) - Bitung.
Dalam sambutannya Humiang menjelaskan bahwa pengembangan Interkonektivitas antara kedua Negara yakni  Philipina dan Indonesia khususnya Sulawesi Utara baik melalui udara maupun laut  sangatlah penting mengingat keduanya memiliki kontribusi bagi perdagangan Internasional. "Kota Bitung melalui pelabuhan lautnya tentu sangat memegang peran penting dalam interkonektivitas dimaksud" tutur Humiang
Lanjutnya lagi dengan adanya pelayaran ini maka hal ini akan membawa angin segar bagi pemerintah dan masyarakat khususnya pelaku usaha eksportir maupun importir yang ada di Kota Bitung. peluang ini tentunya harus dimanfaatkan dengan baik sehingga dapat mendorong perkembangan dunia usaha yang ada di Sulawesi Utara umumnya dan Kota Bitung khususnya.
"kota Bitung merupakan tonggak bertumbuhnya ekonomi bangsa indonesia, karena letak Geografisnya yang strategis yaitu berhadapan langsung dengan Asia Pasifik." jelas Humiang
Humiang berharap pelaksanaan rapat kali ini mampu memberikan sumbangsih pemikiran untuk pelaksanaan pelayaran kapal RoRo yang melayani rute Bitung - General Santos dengan memperhatikan hal-hal yang sesuai dengan ketentuan yang berlaku." Pemerintah mendukung dan menyambut baik pembukaan jalur pelayaran kapal RoRo ini, dimana hal ini akan berdampak baik bagi perekonomian kota Bitung" tutupnya.
Turut hadir dalam rapat tersebut Direktorat Transportasi Bappenas, PKPS Bappenas, Perwakilan tetap RI di Asean, para kepala SKPD dan instansi terkait lainnya.
 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar