Rabu, 24 September 2014

Humiang: Bitung Siap Menuju IHP


Sekretaris Kota Bitung Drs. Edison Humiang, MSI menyampaikan bahwa masyarakat dan Pemerintah Kota Bitung siap mendukung semua kebijakan dari Pemerintah Pusat untuk memantapkan Pelabuhan Bitung sebagai International Hub Port (IHP) karena pada akhirnya bukan saja untuk kepentingan peningkatan perekonomian di Kota Bitung tetapi juga untuk kepentingan bangsa Indonesia.
Ditambahkan, berdasarkan Amanat Undang-Undang No. 17 Tahun 2008 tentang Pelayaran pada Pasal 150 bahwa Pelabuhan Utama yang berfungsi sebagai Pelabuhan Hub Internasional harus ditetapkan oleh Pemerintah. Kemudian berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 32 Tahun 2011 tentang MP3EI Tahun 2011–2025, Peraturan Presiden Nomor 26 Tahun 2012 tentang Cetak Biru Pengembangan SISLOGNAS dan Keputusan Menteri Perhubungan Nomor 144 Tahun 2013 tentang Penetapan Rencana Induk Pelabuhan Nasional dimana telah ditetapkan Pelabuhan Bitung dan Pelabuhan Kuala Tanjung sebagai Pelabuhan Hub Internasional.
Hal tersebut dikatakan Humiang dalam Rapat Koordinasi antara beberapa Kementerian (Bappenas, Menko Perekonomian dan Perhubungan) dengan Pemerintah Kota Bitung dan Pemerintah Kab. Batubara pada hari Senin 22/9. di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI.
Rapat ini dibuka dan dipimpin oleh Edi Putra Irawady (Deputi Menko Perekonomian Bidang Koordinasi Perniagaan dan Kewirausahaan) dan dilanjutkan dengan presentasi mengenai “Persiapan Pembangunan Pelabuhan Bitung Kuala Tanjung” oleh Budi Santoso (Sekretaris Tim Kerja SISLOGNAS).
Adapun penegasan Edi Putra Irawady bahwa di Indonesia hanya ditetapkan dua Pelabuhan Hub Internasional saja, dimana untuk Bagian Barat adalah Pelabuhan Kuala Tanjung Kab. Batubara dan untuk Bagian Timur adalah Pelabuhan Bitung Kota Bitung. Kedua pelabuhan ini merupakan Pintu Masuk Indonesia  ke atau dari Luar Negeri. Maka untuk itu akan disusun arah kebijakan yang lebih jelas,  yaitu roadmap dan langkah pelaksanaan untuk Pengembangan ke dua Pelabuhan Hub Internasional sehingga dapat berkompetisi dengan Pelabuhan yang ada di Negara-negara di sekitar Indonesia.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar