Selasa, 01 Juli 2014

Sondakh Pimpin Rapat Evaluasi Kinerja SKPD



HUMAS BITUNG. Walikota Bitung Hanny Sondakh di dampingi Sekertaris Daerah Kota Bitung  memimpin secara langsung Rapat Kinerja SKPD se-Kota Bitung di Balai Pertemuan Umum (BPU) Kantor Walikota Bitung, Senin (16/06).
Dalam Rapat tersebut Sondakh mengatakan bahwa pasca predikat Opini WTP murni yang diterima oleh Pemkot Bitung mengindikasikan bahwa pemeriksaan BPK di tahun yang akan datang tentunya akan lebih spesifik lagi terutama dalam pengelolaan keuangan, khususnya yang ada di tiap SKPD. Lanjutnya lagi sedikit saja kelalaian beresiko pada hilangnya prestasi yang sudah di raih tiga tahun berturut-turut ini.
"Jadi ini harus segera di antisipasi dari sekarang dengan cara meningkatkan kualitas kinerja, dengan tidak menunda-nunda pekerjaan lagi,"  papar Sondakh
Menurut Sondakh kedepan Pemerintah Kota Bitung akan menerapkan Sistem Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP) berbasis Kas Menuju Akrual sesuai dengan PP  71 Tahun 2010 tujuannya adalah memaksimalkan pengelolaan keuangan yang tidak hanya berpatokan pada penyusunannya melainkan harus pada penyusunan dan penganggarannya.
Melengkapi apa yang disampaikan oleh Sondakh, pada kesempatan yang sama pula Humiang mengatakan bahwa PP 71 Tahun 2010 adalah perubahan atas PP 25 tahun 2005 dengan tiga lampiran utama yakni Standar Akuntansi Pemerintah Berbasis Akrual, Standar Akuntansi Pemerintah Berbasis Kas Menuju Akrual dan Proses Penyusunan Standar Akuntansi Pemerintah Berbasis Akrual di mana Pemkot Bitung telah melakukan Study Banding ke Semarang beberapa waktu yang lalu terkait hal ini.

"Ketentuan lebih lanjut mengenai penerapan SAP Berbasis Akrual secara bertahap pada Pemerintah Daerah akan diatur dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri." tutup Humiang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar