Rabu, 16 April 2014

Ibadah Pemakaman Oma Gioh dihadiri Ribuan Pelayat



HUMAS BITUNG. Sejak hari Minggu 23/2 para pelayat memadati kediaman Almarhumah Grace Sondakh (Soei Giok Hoen) Ibunda Walikota Bitung Hanny Sondakh di kompleks Sari Cakalang Kelurahan Madidir Ure Kecamatan Madidir. Alamarhum meninggal Sabtu 22/2 di Rumah Sakit Siloam Manado di usia 86 Tahun.
mulai dari warga, Kerabat, Saudara, Hingga Pejabat berdatangan untuk melayat dan mempersembahkan pujian penghiburan termasuk Jajaran Pemerintah kota Bitung serta keluarga besar Sari Group, juga dari berbagai Pesekutuan Ibadah dari GMIM, Katholik, Pantekosta, Advent, Kong Hu Chu.
Dan dari para pejabat yang Turut melayat yakni Rektor Unsrat, Prof Dr Donald Rumokoy SH MH, Mantan Kapolda Sulut Brigjen Pol Robby Kaligis, dan Hari Senin 24/2 Kemarin, hadir pula Walikota Manado Vicky Lumentut  bersama rombongan, Walikota Tomohon Jimmy Eman bersama Rombongan dan Disusul Bupati Minahasa Jantje Wowiling Sajow bersama Rombongan dan Bupati Minahasa Utara Drs Sompie SF Singal bersama rombongan.

Kini pada acara ibadah pemakaman Selasa 25/2. yang dihadiri oleh masyarakat dan Jajaran Pemkot Bitung, juga uskup Manado Mgr. Yosef Suwatan,MSC,rombongan Gubernur Dr. Sinyo Sarundajang, Wakil Djouhari Kansil,Kapolda Brigjenpol Jimmy Sinaga bersama Forkopimda mengikuti langsung prosesi ibadah pemakaman yang dipimpin Pendeta Henry Ciwulusan. Juga Berkesempatan hadir pada ibadah pelepasan Bupati Minahasa Selatan Tetty Paruntu dan suami serta rombongan Pemkab Minsel.
Gubernur dalam sambutan menyampaikan turut berdukacita atas bepergiannya ibunda Grace Sondakh yang dikenal rendah hati dan baik kepada semua orang. Semoga keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan dan tetap mengikuti jejak almarhumah semasa hidupnya.
Sementara, Sambutan Pemerintah Kota Bitung yang dibawakan oleh Wakil Walikota Bitung M.J Lomban mengungkapkan rasa belasungkawa atas berpulangnya Almarhumah ibu/Oma Grace Sondakh, Menurutnya Alm. Oma Gioh sapaan akrab merupakan sosok sebagai pengayom dalam peran membina keluarga dalam berdidikasi menunjukan sikap. Dan harapan Pemkot terhadap keluarga yang ditinggalkan akan selalu diberikan penghiburan dan kekuatan dalam menghadapi pergumulan dari Tuhan.
Lomban juga menapresiasi terhadap Alm. Oma Gioh atas peran serta dalam pembangunan Kota Bitung melalui penghijauan dengan menanam pohon dan pembenahan taman kota.

Sementara Sekretaris kota Bitung Edison Humiang menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang memberi diri dan doanya sebagai penghiburan bagi keluarga yang ditinggalkan.

Dalam prosesi pemakaman Alm. Grace Sondakh diadakan pembacaan riwayat hidup oleh Moudy Sondakh (cucu) anak tertua Hanny Sondakh dan dilanjutkan dengan doa pelepasan jenasah dengan tata cara umat Tridharma yang dipimpin ketua Rukun Klenteng Seng Bo Kiong Reymond Tenderan.
Almarhumah Ibu Grace Sondakh Sebelum dibawa ke perkuburan Cina di Wilayah Paal 2 Manado,  terlebih dahulu jenasah diarak melewati depan rumah pertama yakni kompleks pelabuhan Samudara Bitung Kelurahan Bitung Barat.

selanjutnya pukul 15.30 jenasah tiba di perkubuan Cina paal 2 dan digelar doa prosesi pemakaman oleh rohaniwan Seng Bo Kiong sehingga keluarga Besar Sondakh dan para pekabung terisak tangis menyaksikan kepergian Alamarhumah Grace Sondakh.
pemakaman dihadiri pemerintah Kota Manado melalui Wakil Walikota Harley Mangindaan bersama jajarannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar