Senin, 05 Mei 2014

Humiang hadiri sosialisasi teknik penyusunan PPRG berbasis GBS



HUMAS BITUNG. Bertempat di Kantor Pelni Lantai IV,  Sekertaris Daerah Kota Bitung Drs. Edison Humiang, Msi didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Fabian Kaloh SIP, Msi dan Kepala Bagian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Rita L. Sumiok, SE, Msi serta Konsultan Gender dan PPRG Drs. Boaz Wilar, M.si memimpin langsung sosialisasi Teknik Penyusunan Perencanaan Penganggaran Responsive Gender (PPRG) berbasis Gender Budget Statement (GBS), pada Rabu 19/03.

Dalam sambutannya Humiang mengatakan pemahaman tentang Gender masih sangat penting untuk diperhatikan dan masih perlu terus diupayakan untuk disosialisasikan karena ini  sejalan dengan upaya pemerintah Kota Bitung yang berkomitmen untuk melaksanakan pengarusutamaan Gender sebagai salah satu strategi menuju tercapainya kesetaraan dan keadilan Gender.

"Integritas Gender dalam proses perencanaan dan penganggaran merupakan suatu langkah yang relatif baru, karena pada awalnya proses pengintegrasian gender dalam pembangunan lebih terfokus pada upaya untuk memperkuat kelembagaan pengarusutamaan Gender (PUG) itu sendiri." tutur Humiang

lanjutnya lagi dalam rangka mengkoordinasikan dan mensinergikan upaya untuk mengimplementasikan pengarusutamaan dalam perumusan kebijakan, program dan kegiatan pembangunan daerah yang responsif Gender, perlu untuk mensosialisasikan program ini agar secara pasti dapat dimasukan dalam proses perencanaan reguler.

Dengan dilaksanakannya kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman para pemangku kepentingan dan SKPD tentang perencanaan dan penganggaran yang responsif gender, yang ditindaklanjuti dengan rencana aksi melalui program dan kegiatan, hal ini di sampaikan Kaloh untuk mengingatkan bagi peserta yang hadir saat itu agar ada tindak lanjut setelah sosialisasi ini selesai dilaksanakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar