Kamis, 08 Mei 2014

Lomban Konsisten terhadap Kepedulian Lingkungan




HUMAS BITUNG. Selasa(06/05), bertempat di Ruang Sidang Lantai IV Kantor Walikota Bitung, Wakil Walikota Bitung Maxmilian J Lomban di dampingi Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Hengky Wowor, membuka secara  resmi acara Lokakarya Pencadangan Kawasan Konservasi Perairan Pesisir Kota Bitung. Menurut Lomban acara ini bertujuan untuk menemukan satu kesepakatan bersama dari semua pihak untuk melestarikan kondisi lingkungan pesisir laut terkait dengan iven Internasional yang akan dilaksanakan di Manado pada 14 - 17 Mei 2014 mendatang, yaitu World Coral Reef Conference (WCRC) 2014.

"Lokakarya kali ini harus membuahkan hasil, berupa program apa yang harus dilakukan.Melalui program tersebut, aktivitas pengelolaan kawasan konservasi perairan dilakukan secara kolaboratif berbasis masyarakat" tutur Lomban.

Lomban juga menjelaskan bahwa Kondisi kerusakan terumbu karang yang ada di Indonesia cukup mengkhawatirkan, untuk itu upaya konservasi perairan terlebih bagi daerah pesisir harus terus ditingkatkan, menurut beliau ini bukan hanya tugas dari pemerintah, tapi ini adalah tanggung jawab semua unsur, dimulai dari masyarakat yang sadar akan kelestarian lingkungan tempat dimana mereka tinggal.

Rencananya Kota Bitung akan didatangi langsung oleh peserta dari WCRC untuk melakukan konservasi di daerah pesisir yakni di 6 Kelurahan yang ada di Lembeh Utara dan Lembeh Selatan serta 1 Kelurahan untuk penanaman terumbu karang. Ke-6 Kelurahan tersebut adalah Posokan, Motto, Pancuran, Pasir Panjang, Dorbolaan, dan Paudean dan untuk penanaman terumbu karang akan dilaksanakan di Kelurahan Pintu Kota. Hal ini disampaikan oleh Ir. Arie Randonuwu yang turut didampingi rekannya Sony Tasijawa, SIP, Msc dari Fakultas Perikanan Unsrat. mereka juga sangat mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Lomban, sebagai pemimpin yang sangat konsisten dalam menjaga dan memelihara lingkungan yang ada di Kota Bitung ini. 

Acara ini turut dihadiri oleh Ketua Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Kota Bitung Ny. Khouni Lomban Rawung, para Asisten dan Pimpinan SKPD di Lingkungan Pemerintahan Kota Bitung serta peserta terkait lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar